5 Jenis Jaringan Komputer LAN, MAN, WAN, Internet & Wireless (Lengkap)

Posted on

Jenis – Jenis Jaringan Komputer Lan , Man , Wan, Internet & Wireless (wlan)


TentangKomputer.com
 
Secara umum kita mengenal 5 macam jenis jaringan komputer, yaitu LAN (Local Area Network), MAN (Metropolitan Area Network), WAN (Wide Area Network), Internet, dan Wireless (jaringan tanpa kabel).

Konsep dari jenis jaringan komputer yaitu untuk menghubungkan berbagai perangkat jaringan agar dapat berkomunikasi dan berbagi sumber daya.

Hal yang membedakan adalah letak geologis-nya (mencakup wilayah / area jaringan) dan teknologi yang digunakan, misalnya penggunaan jenis kabel yang berbeda, IP Address sesuai dengan kelas, dan sistem keamanan.

Jenis Jaringan Komputer

  1. LAN (Local Area Network)

Local Area Network atau yang biasa disingkat LAN merupakan jaringan pribadi di sebuah gedung atau kampus yang berukuran beberapa kilometer. LAN biasanya digunakan untuk menghubungkan komputer pribadi dan workstation di kantor perusahaan atau pabrik untuk pemakaian bersama (printer, scanner, dll) dan juga saling bertukar informasi.

LAN memiliki ukuran terbatas, yang berarti waktu transmisi pada keadaan terburuk terbatas dan dapat diketahui sebelumnya. Dengan mengetahui keterbatasan, menyebabkan adanya kemungkinan untuk menggunakan jenis desain tertentu. Hal ini memudahkan dalam manajemen jaringan.

LAN menggunakan teknologi transmisi kabel tunggal. LAN tradisional beroperasi pada kecepatan 10 sampai 100 Mbps (mega bit/detik) dengan delay rendah (puluhan mikro second) dan mempunyai faktor kesalahan yang sangat kecil. LAN modern dapat beroperasi pada kecepatan yang lebih tinggi dari LAN tradisional, biasanya sampai ratusan megabit/detik.

Keuntungan LAN adalah irit dalam pengeluaran biaya operasional, irit dalam penggunaan kabel, transfer data antar komputer labih cepat karena mencakup wilayah yang sempit, dan tidak memerlukan operator untuk membuat sebuah jaringan LAN.

Kerugian LAN adalah cakupan wilayah jaringan sempit sehingga untuk berkomunikasi ke luar jaringan menjadi sulit dan area cakupan transfer data tidak luas.

  1. MAN (Metropolitan Area Network)

Metropolitan Area Network (MAN) merupakan jaringan yang lebih luas dan lebih canggih lagi dari LAN. Disebut Metropolitan Area Network karena jaringan MAN biasa digunakan untuk menghubungkan jaringan komputer dari kota ke kota lainnya.

Untuk membuat suatu jaringan MAN, biasanya diperlukan operator telekomunikasi untuk menghubungkan antar jaringan komputer. Contoh seperti jaringan Depdiknas antar kota atau wilayah dan juga jaringan mall modern yang saling terhubung antar kota.

Keuntungan jaringan MAN adalah cakupan wilayah jaringan yang luas sehingga untuk berkomunikasi menjadi lebih efisien, mempermudah dalam berbisnis, dan keamanan dalam jaringan menjadi baik.

Kerugian dari jenis jaringan MAN adalah lebih banyak menggunakan biaya operasional, dapat menjadi target operasi oleh Cracker untuk mengambil keuntungan, dan untuk memperbaiki jaringan MAN diperlukan waktu cukup lama.

  1. WAN (Wide Area Network)

Wide Area Network atau WAN merupakan jenis jaringan yang lebih luas dan lebih canggih daripada LAN maupun MAN. Jaringan WAN biasa digunakan untuk menghubungkan suatu jaringan dengan negara lain atau dari satu benua ke benua yang lain.

Jaringan WAN biasanya terdiri dari berbagai LAN dan WAN karena sangat luasnya wilayah cakupan dari WAN. Jaringan WAN juga menggunakan kabel fiber optic serta menanamkan di dalam tanah maupun melewati jalur bawah laut.

Keuntungan WAN adalah cakupan wilayah jaringan lebih luas dari LAN dan MAN, tukar-menukar informasi menjadi lebih privat dan terarah dikarenakan untuk berkomunikasi dari suatu negara dengan negara yang lain memerlukan keamanan yang lebih, dan juga lebih mudah dalam mengembangkan bisnis.

Kerugian dari jaringan WAN adalah biaya operasional yang dibutuhkan menjadi lebih mahal, sangat rentan terhadap bahaya pencurian data penting, juga perawatan untuk jaringan WAN menjadi lebih berat.

  1. Internet

Internet merupakan suatu jaringan komputer yang global, jaringan-jaringan komputer yang terhubung secara mendunia sehingga komunikasi dan transfer data atau file menjadi lebih mudah. Internet merupakan perpaduan antara berbagai jenis jaringan komputer beserta topologi dan tipe jaringan yang berhubungan satu dengan lain.

Keuntungan dari jenis jaringan internet adalah komunikasi dan berbagi sumber daya dari satu jaringan ke jaringan yang lain menjadi mudah, penyebaran ilmu pengetahuan menjadi semakin pesat, penyampaian informasi menjadi lebih cepat juga mudah, dan menjadi ladang untuk memperoleh penghasilan.

Kerugian dari jaringan Internet adalah kejahatan dunia maya menjadi luas, pornografi menjadi semakin luas, transaksi barang ilegal marak terjadi, dan juga bisa menimbulkan fitnah dikarenakan sering penyampaian informasi yang salah.

  1. Wireless (Jaringan Tanpa Kabel)

Wireless atau jaringan tanpa kabel merupakan jenis jaringan yang menggunakan media transmisi data tanpa menggunakan kabel. Digunakan media seperti gelombang radio, inframerah, bluetooth, dan microwave.

Wireless bisa digunakan kedalam jaringan LAN, MAN, juga WAN. Wireless ditujukan untuk kebutuhan mobilitas tinggi.

Keuntungan jenis jaringan Wireless adalah kenyamanan untuk terhubung ke jaringan tanpa dibatasi kabel, lebih ke arah pengguna yang memerlukan mobilitas yang tinggi.

Kerugian jenis jaringan Wireless adalah transmisi data kepada para pengguna yang lambat dari penggunaan jaringan dengan kabel, memerlukan keamanan yang ketat karena orang yang berada di luar jaringan bisa menerobos masuk ke dalam jaringan Wireless.

Demikian artikel tentangkomputer kali ini, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda. Baca artikel lainnya untuk mengetahui komputer secara lanjut.

Baca Juga:
– Pengertian Internet, Fungsi, Manfaat & Sejarah Internet Terlengkap
– Cara Mudah Memberi Password Pada Komputer Dan Laptop
– Pengertian Internet Service Provider (ISP) Beserta Fungsinya
– Pengertian FTP, Fungsi dan Cara Kerjanya [Lengkap]
– 3 Cara Menampilkan Keyboard Virtual Pada Windows (On Screen Keyboard)