12 Cara Mempercepat Koneksi Internet PC Dan Android 10x Lebih Cepat

Posted on

Cara Mempercepat Koneksi Internet PC Dan Android


TentangKomputer.com
– Jika Internet yang Anda gunakan lambat, banyak faktor yang mempengaruhi lambatnya suatu jaringan internet. Pasti kalian semua ingin memperbaiki supaya jaringan internet yang Anda gunakan menjadi lancar dan Anda pun nyaman dalam melakukan aktifitas di Internet.

Jika Anda ingin mempercepat koneksi internet mungkin cara di bawah ini bisa membantu Anda dalam mempercepat koneksi internet Anda. Cara di bawah ini tidak selalu berhasil karena tergantung pada situasi dan lokasi tempat tinggal Anda.

Tetapi tidak ada salahnya jika Anda mencoba untuk mempercepat koneksi internet Anda dengan cara mengikuti tutorial di artikel ini. Berikut tutorial untuk mempercepat koneksi internet.

Langkah-Langkah Mempercepat Koneksi Internet

  1. Perbaiki Posisi Antena Wi-Fi

Jika Anda menggunakan Wi-Fi, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengecek bagian antena wifi. Komponen harus berada pada posisi yang benar jangan sampai komponen dalam posisi tertidur, karena antena wifi harus tegak sehingga mudah memancarkan sinyal hotspot. Posisi antena tegak-lurus akan membuat arus sinyal lebih stabil.

  1. Hapus Batas Maksimum Bandwith

Windows mengatur bandwith saat user menggunakan internet, sehingga saat Anda sedang berselancar di internet, Anda belum bisa merasakan koneksi Internet yang cepat atau maksimum sebab seperenam dipakai Windows untuk tujuan pembaruan program dan lain-lain. Namun ada sebuah cara untuk mengakalinya, berikut cara untuk memperbaikkinya:

  • Pertama buka program Run di komputer Anda dengan menekan Windows + R pada keyboard.
  • Tampil pop-up Run, ketik gpedit.msc, lalu klik tombol OK.
  • Kemudian pilih Computer Configuration => Administrative Templates => Network => QoS Packet Scheduler => Limit Reservable Bandwith.
  • Ceklist pilihan Enabled. Pada Options Anda akan melihat bandwith limit bernilai 20. Ubahlah bandwith limit menjadi bernilai 0.
  • Yang terakhir klik tombol OK untuk menyimpan pengaturan tersebut.
  • Hidupkan kembali komputer Anda untuk merasakan manfaatnya.
  1. Gunakan DNS Milik OpenDNS

Untuk mempercepat koneksi Internet yang selanjutnya adalah dengan cara mengganti DNS lama Anda. DNS merupakan singkatan dari domain name system. Tugas dari DNS adalah menerjemahkan alamat suatu website menjadi alamat Internet dalam bentuk Internet protocol (IP).

DNS secara otomatis disediakan oleh penyedia layanan Internet. Semakin banyak pelanggan yang menggunakan DNS, maka koneksi Internet akan semakin lambat diakses. Cara mengatasi hal tersebut dapat dengan cara mengubah alamat DNS lama menjadi milik OpenDNS. Berikut langkah-langkah mengubah alamat DNS:

  • Pada taskbar, klik kanan Network => pilih Open Network and Sharing Center.
  • Klik tautan yang berada di sisi kanan menu Connections.
  • Tampil jendela yang menunjukkan status koneksi Internet Anda. Lalu klik Properties.
  • Kemudian pilih Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4), lalu klik tombol Properties.
  • Di tab General, ceklist Use the following DNS server addresses. Setelah itu isi dengan keterangan berikut:
    Prefered DNS Server: 208 . 67 . 222 . 222
    Alternate DNS server: 208.67 . 220 . 220

  • Jika sudah klik tombol OK dan hidupkan kembali komputer Anda.
  1. Aktifkan DNS Cache

Jika tiga cara sebelumnya tidak meningkatkan kecepatan Internet Anda, masih ada cara selanjutnya yaitu dengan cara menyalakan DNS cache. DNS cache adalah tempat penyimpanan data-data server suatu website. Fitur ini membuat situs yang sebelumnya pernah Anda kunjungi menjadi lebih cepat termuat karena data-data telah tersimpan dengan bagus di komputer Anda. Berikut cara mengaktifkan DNS cache:

  • – Buka Notepad.
  • Ketik kode berikut:
    [HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Services\Dnscache\Parameters]
    “CacheHashTableBucketSize”=dword:00000001
    “CacheHashTableSize”=dword:00000180
    “MaxCacheEntryTtlLimit”=dword:0000fa00
    “MaxSOACacheEntryTtlLimit”=dword:0000012d
  • Simpan kode dengan cara File => Save As… lalu beri nama dnscache.reg. Save as type pilih All Files => klik tombol Save.
  • Buka berkas yang berisi kode tadi setiap kali Anda menjelajahi Internet.
  1. Gunakan Modem Yang Handal

Modem singkatan dari modulator demodulator ialah sebuah perangkat elektronik yang digunakan untuk mengubah sinyal komputer ke dalam besaran frekuensi tertentu untuk diproses melalui suatu saluran telepon kabel.

Setiap modem memiliki spesifikasi dan kecepatan koneksi yang berbeda-beda. Untuk mendapatkan kecepatan koneksi yang maksimal, gunakan modem dengan spesifikasi kecepatan yang besar. Modem yang sering digunakan memiliki kapasitas koneksi sekitar 256 Kbps.

  1. Pilih Provider Yang Tepat

Ketika menggunakan Speedy jaringan internet dari Telkom Indonesia, mungkin tidak terlalu mengecewakan karena mereka menyediakan biaya yang cukup terjangkau. Namun secara konektivitas jaringan speedy sering bermasalah. Bermasalah dari koneksi yang tiba-tiba terputus (disconnected), atau menjadi sangat lambat, dan lain sebagainya. Aktivitas online pun tidak nyaman dan menjadi terhambat.

Solusinya adalah mencari provider lain yang menyediakan layanan Internet cepat dan stabil juga tidak terkendala masalah lainnya. Anda bisa mencari informasi melalui google, ada banyak provider yang menyediakan layanan internet yang cepat dan stabil sesuai dengan lokasi Anda.

  1. Gunakan Provider Sedikit Pelanggan

Tidak salah jika Anda memilih provider ternama dan banyak digunakan masyarakat. Tetapi jika pengguna provider tersebut banyak tetap tidak menutup kemungkinan bahwa koneksinya akan lambat. Karena setiap provider juga memiliki kapasitas tertentu dalam pemakaian Internet.

Untuk menghindari hal tersebut cobalah gunakan provider yang tidak terlalu banyak penggunanya. Jika Anda menggunakan provider sedikit pelanggan, Anda berkesempatan mendapatkan layanan Internet dengan koneksi yang mungkin lebih optimal.

  1. Gunakan Paket Internet Yang Bagus

Tidak ada salahnya jika Anda memiliki uang lebih untuk mennikmati paket Internet kelas atas. Paket tersebut sedikit lebih mahal tetapi akan sesuai dengan kecepatan yang diberikan. Dengan begitu aktivitas browsing atau download di dunia maya menjadi lebih cepat, stabil, dan nyaman tanpa adanya gangguan.

  1. Setting Jaringan Hanya ke Mode WCDMA Only

Mempercepat koneksi Internet di Android, pada menu bawaan tersedia pengaturan jaringan yang akan digunakan, terdapat pilihan otomatis yaitu memilih sendiri jaringan dan berjalan pada 2 mode yaitu Internet dan GSM.

Pada saat ini jaringan koneksi internet tercepat untuk android adalah jaringan 4G. Anda harus merubah pengaturan ke mode 4G (LTE) saja. Pada settingan seperti ini android kalian tidak akan berpindah ke jaringan 3G/2G yang kecepatannya jauh lebih rendah.

  1. Matikan Otomatis Singkronisasi

Jika Anda menyinkronkan akun Google pada Android, email yang keluar memberikan notifikasi saat ada seseorang mengirim pesan email kepada kita. Semua itu dapat terjadi karena adanya proses sinkronisasi antara android yang Anda gunakan dengan server google, sinkronisasi dapat terjadi akibat ada paket internet yang sedang aktif.

Terkadang koneksi internet terasa menjadi lambat, itu disebabkan android Anda sedang melakukan singkronisasi. Untuk mengatasinya Anda perlu mematikan sinkronisasi agar mendapatkan koneksi yang stabil dan cepat.

  1. Hapus Cache

Percepat Internet Android sama dengan seperti sistem operasi windows, dimana terdapat cache yaitu berkas sampah history penggunaan android. Jika Anda sering menggunakan android maka sampah tersebut akan menumpuk dan memberatkan kinerja android Anda.

Hal tersebut dapat memberikan efek lambat terhadap aplikasi browser yang digunakan. Aplikasi browser yang digunakan akan menjadi berat. Solusinya adalah dengan cara melakukan Cleaning Cache menggunakan aplikasi Cache Cleaner yang bisa Anda dapatkan secara gratis di Playstore.

  1. Gunakan Perangkat Komputer / Gadget Berspesifikasi Tinggi

Jika semua cara di atas sudah Anda lakukan dan tidak membantu meningkatkan kecepatan koneksi internet Anda, mungkin Anda harus mempertimbangkan untuk meningkatkan spesifikasi perangkat yang Anda gunakan untuk mengakses Internet.

Jika perangkat yang Anda gunakan memiliki RAM, Prosesor dan Harddisk dengan kapasitas rendah, maka hal tersebut akan mempengaruhi kecepatan Internet Anda. Mengganti komputer, laptop atau gadget ketika koneksi internet Anda benar-benar sangat lambat adalah cara yang bijak ketika ingin mengakses internet dengan cepat.

Itulah tadi beberapa cara untuk mempercepat koneksi internet. Kecepatan koneksi internet dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor, baik faktor internal (penggunaan gadget berkapasitas rendah dan setting internet yang salah) maupun faktor eksternal (provider yang Anda gunakan kurang kompeten), sehingga Anda harus lebih cermat dalam mengatasi permasalahan koneksi internet tersebut.

Baca Juga:
Pengertian Web Browser, Fungsi Dan Contohnya [LENGKAP]
13 Cara Ampuh Merawat Laptop Dengan Baik Dan Benar Agar Tetap Awet
Pengertian BIOS Dan Fungsinya Pada Komputer [LENGKAP]
Cara Mudah Menonaktifkan Windows Update Pada Windows 7
Cara Mudah Setting Mikrotik Sebagai Router Gateway Internet