Pengertian DNS Serta Fungsi Dan Manfaat Pada Jaringan Komputer

Posted on

Pengertian, Fungsi, Dan Manfaat DNS [Domain Name System]

TentangKomputer.com – DNS atau singkatan dari “Domain Name System” adalah suatau sistem yang menyimpan suatu informasi tentang nama host maupun nama domain dalam bentuk basis data tersebar di dalam jaringan komputer.

Domain Name System merupakan suatu sistem penamaan hirarkis yang nantinya akan didistribusikan untuk suatu komputer, sumber daya, atau jasa yang terhubung ke Internet maupun jaringan pribadi. DNS biasanya digunakan sebuah Layanan Nama Domain untuk menyelesaikan permintaan untuk nama website menjadi alamat IP untuk tujuan menemukan layanan komputer serta perangkat di seluruh dunia.

DNS juga sebagai layanan jaringan yang menerjemahkan nama dari situs web menjadi alamat internet. DNS menyediakan alamat IP untuk setiap nama host dan kemudian mendata setiap server transmisi surat yang menerima email untuk setiap domainnya.

Fungsi DNS (Domain Name System)

Fungsi terpenting dari DNS (Domain Name System) adalah untuk menerjemahkan alamat ip menjadi sebuah nama domain dan begitu juga sebaliknya. Misalnya alamat facebook.com, google.com, dan situs-lain merupakan alamat ip dari situs tersebut yang kemudian ditranslasikan menjadi sebuah nama domain website.

Manfaat DNS (Domain Name System )

Manfaat yang paling umum dari DNS (Domain Name System) adalah mempermudah pengguna dalam mengakses situs yang kita buat. Pada umumnya manusia lebih mudah mengingat kata dari pada mengingat angka, karena itu para pengguna internet akan lebih mudah untuk mengingat alamat situs kita berupa nama domain daripada berupa alamat ip.

Baca Juga:
Cara Cepat Burning File Ke CD/DVD Tanpa Software [100% Work]
8 Macam Dan Pengertian Topologi Jaringan Komputer [LENGKAP]
Pengertian, Fungsi Dan Jenis Jaringan Komputer [Lengkap]
4 Cara Download Video Di Youtube Dengan Cepat [100% Work]