4 Cara Cepat Mengambil Screenshot Di Laptop & Komputer

Posted on

Cara Mudah Mengambil Screenshot Di Laptop & Komputer

 

TentangKomputer.com – Screenshot atau yang sering disebut screen capture adalah sebuah gambar layar komputer Anda. Anda juga dapat mengambil dan menyimpan pada komputer. Screenshot berfungsi jika Anda ingin menunjukkan kepada seseorang apa yang sedang Anda lihat di layar komputer Anda.

Banyak sekali cara mengambil screenshot di laptop maupun di komputer. Cara screenshot yang bisa kita gunakan yaitu dengan menggunakan tombol Print Screen yang ada di keyboard, terdapat juga aplikasi screenshot yaitu Light Shot, Jing, Greenshoot, Fastone dan masih banyak lagi aplikasi screenshot lainnya.

Cara screenshot yang biasa digunakan adalah dengan cara menekan tombol Print Screen. Tetapi jika kita mengmbil screenshot menggunakan tombol Print Screen yang akan tercapture hanyalah bagian yang terlihat oleh layar. Jika gambar atau tulisan melebihi layar maka tidak masuk ke dalam screenshot. Kelemahan screenshot menggunakan tombol Print Screen adalah kita tidak bisa memilih area mana yang ingin kita screenshot.

Simak cara mudah screenshot menggunakan tombol yang ada pada keyboard maupun menggunakan aplikasi tambahan. Berikut macam-macam aplikasi dan cara screenshot yang mudah digunakan.

Cara Screenshot Mudah Dan Cepat

  1. Tombol Print Screen

Menekan tombol print screen di keyboard untuk screenshot adalah cara yang paling sering digunakan kebanyakan orang. Cara ini menghasilkan gambar screenshot layar penuh.

Langkah screenshot menggunakan tombol Print Screen:

  • Tekan tombol Print Screen pada keyboard.

  • Buka aplikasi Paint.
  • Setelah di lembar kerja paint, tekan tombol Ctrl + V untuk memunculkan hasil dari screenshot yang telah di lakukan sebelumnya.

  • Edit gambar hasil screenshot jika dibutuhkan.
  • Kemudian save file hasil screenshot.

 

  1. Kombinasi tombol Alt dengan Print Screen 

Ada 2 cara screenshot menggunakan tombol Print Screen, cara yang pertama yaitu dengan cara menekan langsung tombol print screen dan cara kedua yaitu dengan cara menekan tombol Alt + Print Screen. Perbedaan antara cara pertama dengan cara kedua adalah hasil dari screenshot. Cara pertama menghasilkan screenshot layar penuh, sedangkan cara kedua menghasilkan screen shot aplikasi yang sedang aktif saja. Cara ini mempermudah Anda untuk screenshot aplikasi tertentu saja.

Langkah screenshot menggunakan Alt + Print Screen :

  • Tekan tombol Atl + Print Screen pada keyboard dan pastikan Anda berada di aplikasi yang sedang aktif.
  • Buka aplikasi Paint kemudian Paste.

  • Maka hasil Paste adalah hasil aplikasi yang sedang aktif digunakan pada saat screenshot.

 

  1. Menggunakan aplikasi Snipping Tool

Snipping Tool merupakan aplikasi screenshot yang sudah tersedia di Windows dan bisa langsung digunakan untuk screenshot. Jika kita menggunakan aplikasi ini kita diwajibkan untuk menyeleksi area mana yang ingin kita screenshot.

Langkah screenshot menggunakan Snipping Tool :

  • Buka aplikasi Snipping Tool.
  • Klik New pada aplikasi Snipping Tool.

  • Seleksi objek yang akan di screenshot.
  • Jika sudah maka akan tampil hasil dari screenshot, anda bisa mengedit sebelum menyimpan hasil screenshoot.

 

  1. Menggunakan aplikasi Light Shoot

Light Shoot adalah aplikasi screenshot tambahan yang mewajibkan Anda mendownload aplikasi ini terlebih dahulu untuk menggunakannya. Aplikasi ini salah satu aplikasi screenshot terbaik dan banyak digunakan. Aplikasi ini bisa menyeleksi area tertentu dari tampilan layar desktop dan otomatis menguploadnya ke server Light Shoot. Anda bisa dengan mudah men-sharing gambar screenshot kepada teman.

Aplikasi yang bisa digunakan untuk PC maupun Mac, aplikasi ini sangat ringan. Lighshot juga dapat mengedit gambar hasil tangkapan langsung tanpa harus melalui aplikasi editing foto.

Langkah screenshot menggunakan Light Shoot :

  • Instal aplikasi Light Shoot di komputer Anda.
  • Tekan tombol Print Screen, lalu seleksi objek yang akan ada di screenshoot.

  • Lalu simpan setelah Anda mengatur dan mengedit screenshot.

Baca Juga:
Cara Mudah Mengganti Background Foto Dengan Photoshop
Tutorial Macromedia Flash 8 : Membuat Animasi Akuarium
Cara Cepat Belajar Mengenal Tools Photoshop CS6
Pengertian Aplikasi Komputer Beserta Contohnya