Cara Defrag Disk Komputer Dan Laptop Di Windows 7 (Lengkap)

Posted on

Cara Defrag Windows 7 Dengan Mudah


TentangKomputer.com
– Hai sobat, bagi Anda yang ingin laptop atau komputer anda dapat bekerja optimal, atau mempunyai kecepatan yang maksimal, maka salah satu caranya adalah dengan cara melakukan defrag di laptop atau komputer anda yang memakai sistem operasi windows.

Pengertian defrag adalah kegiatan untuk merapikan file-file yang tersimpan di harddisk. Jadi bahasa gampangnya, data-data di dalam harddisk itu berserakan dan tidak teratur. Maka hal tersebut akan memperlambat pengambilan atau mengakses data yang dilakukan oleh harddisk. Data yang berantakan bila tidak segera dirapikan dengan cara defrag maka dapat memperlambat kinerja dari harddisk, yang pada akhirnya akan memperlambat kinerja laptop atau komputer anda sendiri.

Pentingnya melakukan defrag komputer

Seberapa pentingkah untuk melakukan defrag komputer itu? Jawabannya adalah sangatlah penting. Mengingat setiap hari kita pastinya berhubungan dengan file komputer. Jadi misalnya Anda mengakses komputer, memindah file, menggandakan file, menginstal aplikasi,  maka itu semua akan ditempatkan di ruang khusus di dalam harddisk.

Nah, saat kita menghapus file ataupun memindahkannya di tempat lain, maka pada saat itulah sebagian ruang yang diisi file tadi menjadi kosong. Sementara pada ruang di samping kiri kanan masih ada filenya. Inilah yang harus kita rapikan. Sebab dengan banyaknya ruang kosong yang tidak terpakai, maka akan menyita banyak waktu bagi harddisk dalam  mengakses file Anda. Ya karena logikanya harddisk perlu melewati ruang yang kosong-kosong tersebut guna mencari data yang diinginkan, yang ternyata berada di ruang selanjutnya yang lebih jauh.

Ruang kosong tersebutlah yang akan diisi dengan file yang terlalu jauh, supaya merapat. Sehingga dengan ini akan memudahkan dan juga mempercepat harddisk dalam membaca sebuah file.

Cara Defrag Windows 7

Karena tema artikel ini adalah tentang defrag komputer windows 7, kali ini saya akan mengajarkan kepada Anda khusus untuk anda yang menggunakan windows 7. Dan tutorial ini memakai software defrag komputer bawaan dari windows 7, artinya tidak memerlukan aplikasi lain lagi.

Namun  sebelum melakukan defrag, disini saya sangat dianjurkan untuk menutup semua program aplikasi yang masih berjalan di komputer. Setelah itu anda menutup aplikasi, sekarang ikuti saja langkah-langkahnya di bawah ini.

1. Munculkan aplikasi defragment dengan cara klik tombol start yang di bagian kiri bawah komputer anda, setelah itu klik All Program, kemudian klik folder Accessories, lalu pilih folder sistem tools, carilah aplikasi “Disk Defragmenter“, dan setelah itu klik aplikasi tersebut.

2. Setelah anda membuka aplikasi itu, maka akan muncul tampilan aplikasi defrag seperti gambar dibawah ini. Klik atau pilih partisi mana yang ingin anda defrag. Selanjutnya, klik dahulu tombol Analyze Disk untuk mengecek partisi harddisk tersebut. Jika hasil dari partisi tersebut sekian persen defragmented, silahkan untuk defrag saja dengan klik tombol Defragment Disk.

3. Proses defragmen bisanya memerlukan waktu cukup lama. Tentunya tergantung dari seberapa besar kapasitas dari partisi Anda, dan juga seberapa banyak data yang ada di dalamnya. Tunggulah hingga  proses selesai. Kalau sudah selesai dan hasilnya akanmenunjukkan 0% klik tombol Close. Dengan demikian, anda sudah berhasil mendefrag harddisk Anda.

Tips: Lakukan defrag di komputer atau laptop Anda paling tidak sebulan sekali.

Baca Juga:
– 13 Cara Ampuh Merawat Laptop Dengan Baik Dan Benar Agar Tetap Awet
– Pengertian Web Browser, Fungsi Dan Contohnya [LENGKAP]
– Pengertian BIOS Dan Fungsinya Pada Komputer [LENGKAP]
– Cara Mudah Menonaktifkan Windows Update Pada Windows 7
– Cara Mudah Setting Mikrotik Sebagai Router Gateway Internet