Tutorial Cara Instal Linux Ubuntu 16.04 [ Lengkap + Gambar ]

Posted on

Cara Instal Linux Ubuntu 16.04


TentangKomputer.com
– Hallo sobat TentangKomputer.com, kali ini kita akan membahas mengenai bagaimana cara menginstal ubuntu versi 16.04. Seperti yang kita ketahui bahwa ubuntu merupakan salah satu distro dari sistem operasi Linux.

Maksud dari distro disini adalah turunan / pengembangan dari sistem operasi linux itu sendiri. Ubuntu sendiri sangat populer dikalangan anak muda karena sifatnya yang open source. Dengan demikian kita dapat dengan bebas mengutak-atik sistem operasi ubuntu sesuai dengan kebutuhan dan keinginan kita. Bahkan kita dapat membuat distro sendiri dari sistem operasi ubuntu.

Kembali ketopik pembahasan bagaimana cara menginstal ubuntu 16.04. sebelum memulai, persiapkan dahulu master dari sistem operasi ubuntu 16.04 ini. Jika anda belum memilikinya, anda bisa download di situs resminya ubuntu. Download Ubuntu 16.04

Jika sudah selesain mendownload file Ubuntu langsung saja ikuti langkah-langkah berikut:

Langkah-Langkah Instal Linux Ubuntu 16.04

Siapkanlah sebuah flashdisk yang akan dijadikan sebagai media dalam penginstalan. Untuk kapasitas flashdisknya minimal memakai 2GB. Selanjutnya kita akan membuat USB bootable flashdisk ubuntu 16.04. Jika anda belum bisa membuat bootable flasdisk, anda dapat ikuti langkah-langkahnya disini.

Langkah selanjutnya adalah merestart komputer dan kemudian masuk dipengaturan BIOS komputer. Untuk masuk kepengaturan BIOS ini biasanya akan diminta untuk menekan sebuah tombol, dan tombol yang ditekan ini biasanya berbeda-beda setiap vendor komputer ataupun laptop.

Untuk komputer biasanya menekan tombol DEL dan untuk laptop biasanya menekan tombol F2. Jangan panik dan juga jangan khawatir, karena akan ada petunjuknya disuruh menekan tombol apa untuk dapat masuk kepengaturan BIOS.

Setelah berhasil masuk kepengaturan BIOS, selanjutnya anda akan diarahkan pada menu BOOT. Aturlah posisi booting dengan menempatkan flashdisk berada dipaling atas, selanjutnya diikuti HDD, CD/DVD dan yang lainnya mengikuti saja. Intinya posisi dari flashdisk haruslah berada paling atas. Klik Save dan komputer atau laptop akan merestart otomatis.

Tunggulah proses loading penginstalan.

Selanjutnya pilih bahasa yang akan dipakai selama penginstalan nantinya. Disini kami memakai bahasa English (default) supaya lebih bisa dimengerti. Selanjutnya klik Install Ubuntu.

Centang dibagian “Install third-party software for graphics dan Wi-Fi hardware, Flash, MP3 and other media”. Setelah itu klik tombol Continue.

Berikan ceklis pada “Something else”. dan Selanjutnya klik tombol Continue.

Selanjutnya kita akan membuat partisi baru pada harddisk. Klik tombol New Partition Table.

Apabila ada tampilan seperti gambar di bawah ini, klik tombol Continue saja.

Kita memiliki harddisk dengan kapasitas 500 GB yang nantinya dibagi menjadi 2 partisi. Pada partisi pertama untuk tempat penyimpanan file-file system dan pada partisi yang kedua untuk menyimpan data-data pribadi. Untuk dapat membuat sebuah partisi klik tanda plus (+).

Tentukan kapasitas pada partisi ini (sesuaikan dengan keinginan). Lalu pilih “Primary”, kemudian pilih “Beginning of this space”. Di kotak Use as pilih “Swap area”. Bagi saya partisi swap area ini merupakan partisi yang sangat penting (wajib). Swap area ini merupakan sebuah partisi yang nantinya akan menjadi sebuah Memory Virtual dengan memakai harddisk sebagai medianya. Ukuran partisi swap area ini biasanya 2 (dua) kali lipat dari ukuran RAM pada komputer anda. Misalkan RAM kamputer anda ukuran 4GB, kalau anda ingin membuat Memori Virtual (SWAP) seperti ukuran RAM komputer anda, maka ukuran SWAP-nya akan menjadi 8GB. Lalu klik OK.

Maka hasilnya akan terlihat seperti digambar di bawah.

Selanjutnya kita akan membuat partisi kedua yakni sebagai tempat penyimpanan data-data pribadi. Klik di bagian Free space, lalu klik tombol tambah (+).

Akan muncul seperti tampilan pada gambar di bawah ini.
Pertama-tama tentukan ukuran yang akan dibuat pada partisi ini (sesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan). Selanjutnya pilih “Logical”, pilih “Beginning of this space”.

Pada kotak Use as pilih “Ext4 journaling file system”.
lalu pada kotat Mount point pilih /.
Kemudian klik tombol OK.

Maka hasilnya akan terlihat seperti di gambar bawah. Kita sudah selesai membuat 2 (dua) buah partisi, yakni swap area dan /.

Pada klik pada bagian /dev/sda5 ext4 /, lalu klik tombol Install Now.

Klik tombol Continue.

Untuk zona waktu pilih (Jakarta, Indonesia), lalu klik tombol Continue.

Selanjutnya pilih bahasa inputan keyboard. Kami memakai English (US).

Selanjutnya anda akan disuruh untuk mengisikan data-data untuk user secara lengkap (lihat di gambar bawah). Isikan dengan data yang benar dan juga gampang diingat passwordnya. Setelah selesai klik tombol Continue.

Proses penginstalan dan juga penyalinan data sistem operasi dimulai. Tunggulah proses ini sampai selesai. Biasanya akan memakan waktu sekitar 10-30 menit.

Setelah proses penginstalan selesai, maka ada perintah seperti pada tampilan di bawah. Klik tombol Restart Now.

Setelah komputer direstart, selanjutnya isikanlah password sesuai dengan password yang sudah anda buat tadi.

Proses penginstalan pun sudah selesai. Di bawah ini merupakan Home Page dari sistem operasi ubuntu 16.04.

Selamat… Anda sudah selesai menginstal sistem operasi linux distro ubuntu. Semoga artikel ini bisa memberikan banyak manfaat buat teman-teman semuanya.

Baca Juga:
[Jaringan Komputer] Penjelasan Lengkap DHCP Server Dan Cara Kerjanya
Tutorial Cara Menggunakan Rufus Untuk Bootable Di Flashdisk [LENGKAP]
Tutorial Cara Kompres Video Tanpa Mengurangi Kualitas Video
Cara Defrag Disk Komputer Dan Laptop Di Windows 7 (Lengkap)
Pengertian Web Browser, Fungsi Dan Contohnya [LENGKAP]