Tutorial Cara Install Windows 7, 8, 8.1, 10 ( Lengkap + Gambar )

Posted on

Tutorial Cara Install Windows 7, 8, 8.1, 10 Lengkap


TentangKomputer.com
– 
Microsoft Windows atau yang sering dikenal dengan Windows adalah sistem operasi yang dikembangkan oleh Microsoft, yang menggunakan Graphical User Interface (GUI). Sistem operasi Windows sudah berevolusi dari MS-DOS, yaitu sebuah sistem operasi berbasis modus teks dan command-line.

Artikel tentangkomputer kali ini adalah cara install sistem operasi Windows 7, 8, 8.1 dan 10 dengan cara yang sangat mudah. Pada tutorial kali ini langkah demi langkah dijelaskan secara detail agar Anda bisa mengerti setiap langkah pada saat proses install sistem operasi windows.

Cara instal windows 7, 8, 8.1 dan 10 tidak jauh berbeda, hanya terdapat sedikit perbedaan diantara windows tersebut. Misalnya seperti navigation properties, fitur pencarian dan ukuran tile yang mempunyai ciri khas masing-masing pada setiap versi windows.

Anda harus menyiapkan DVD Installer Windows 7, 8, 8.1, dan 10 terlebih dahulu. Langsung saja berikut cara setting BIOS dan langkah-langkah menginstall sistem operasi windows di komputer Anda.

Setting BIOS

Sebelum menginstal sistem operasi windows, Anda harus mensetting BIOS agar booting dari CD/DVD. Karena settingan default booting pertama kali dari HDD, jadi anda harus mensettingnya terlebih dahulu agar booting melalui CD/DVD. Berikut cara mensetting BIOS:

  1. Hidupkan komputer Anda, tekan tombol DEL untuk masuk ke menu BIOS, tetapi tidak semua komputer atau laptop memakai tombol yang sama. Tombol yang dapat Anda gunakan selain DEL adalah F1, F2, Fn + 2, coba salah satu dari tombol tersebut.
  2. Tampilan menu BIOS seperti pada gambar dibawah ini. Biasanya menu BIOS di setiap komputer atau laptop juga berbeda. Selanjutnya silahkan Anda pindah ke tab Boot dengan memakai tombol ◄ ►.
  3. Seperti pada gambar dibawah ini, posisi HDD berada paling atas sendiri, hal tersebut menandakan booting pertama kali dilakukan dari HDD. Oleh karena itu, Anda harus mengubahnya supaya booting pertama kali melalui CD/DVD.
  4. Pilih CD-ROM Drive, lalu gunakan tombol + / – untuk memindahkan hingga berapa diposisi atas seperti gambar dibawah ini.
  5. Masukkan DVD installer windows ke dalam DVDROM komputer atau laptop Anda. Simpan konfigurasi dengan cara menekan tombol F10.

Cara Install Windows 7

  1. Pertama tekan sembarang tombol untuk memulai proses instalasi windows 7.
  2. Pilih Indonesian pada Time and currency format. Untuk Language to install dan Keyboard or input method biarkan saja default. Kemudian klik Next.
  3. Mulai proses instalasi windows 7, pilih Install Now.
  4. Ceklist I accepted the license terms, lalu klik Next.
  5. Kemudian pilih Custom (advanced).
  6. Jika anda ingin menginstall ulang, downgrade atapun upgrade sistem operasi windows sekaligus ingin data-data dipartisi lain tidak hilang, cukup delete Disk 0 Partition 2 (partisi C:) serta Disk 0 Partition 1 : System Reserved, maka otomatis kedua partisi ini akan menjadi Unallocated Space. Silakan buat partisi baru lagi, otomotis partisi tersebut akan menjadi Disk 0 Partition 2, dan jadikan Disk 0 Partition 2 sebagai lokasi instalasi windows 7, lalu klik Next.Bagi yang ingin melakukan install ulang, downgrade ataupun upgrade ke windows 7 sekaligus tidak ingin data-data dipartisi lain hilang, silakan lewati langkah pada nomor 7 sampai 10. Dan bagi yang pertama kali melakukan proses instalasi windows 7 sekaligus yang Harddisk masih kosong lewati langkah nomor 6.
  7. Langkah selanjutnya mempartisi ruang harddisk. Pilih Drive options (advanced) => New. Kemudian tentukan ukuran partisi tersebut. Klik Apply jika sudah selesai.
  8. Klik OK untuk pembuatan system files windows atau yang biasa disebut dengan system reserved partition.
  9. Buat 2 partisi dengan cara yang sama seperti pada langkah nomor 7. Berapa banyak partisi tergantung selera Anda. Tutorial kali ini hanya membuat 2 partisi saja.
  10. Pilih Disk 0 Partition 2 sebagai lokasi proses instalasi windows 7. Kemudian klik Next. Lokasi instalasi kami sarankan di Disk 0 Partition 2.
  11. Mulai proses instalasi windows 7. Proses ini akan memakan waktu kurang lebih 30 menit. Selama proses komputer atau laptop Anda akan restart dengan sendirinya beberapa kali.
  12. Jangan tekan tombol apapun pada keyboard ketika proses restart berlangsung. Hal tersebut akan menyebabkan komputer mengulangi proses instalasi dari awal.
  13. Langkah berikutnya yakni memasukkan Nama Pengguna dan juga Nama Komputer. Klik Next untuk melanjutkan.
  14. Buat password untuk akun Windows 7 Anda. Buatlah password yang kuat dengan kombinasi angka juga simbol. Pada password hint, isikan kata atau kalimat yang membantu Anda untuk mengingat password windows 7 Anda. Bila Anda tidak ingin menggunakan password, kosongkan saja. Kemudian klik Next.
  15. Masukkan product key windows 7 lalu Next. Jika tidak memiliki product key windows 7 Anda dapat melewati langkah ini tanpa memasukkan product key yang diminta. Tetapi tanpa aktivasi product key, Anda hanya bisa menggunakan Windows 7 selama 30 hari. Selanjutnya klik Next.
  16. Pada Windows Update, pilih Ask me later. Anda dapat memilih Use recommended settings bila DVD windows 7 yang anda gunakan original. Tetapi jika tidak, pilih Ask me later.
  17. Zona waktu / Time zone pilih (UTC+07:00) Bangkok, Hanoi, Jakarta.
  18. Langkah selanjutnya menentukan lokasi jaringan, pilih Public Network.
  19. Jika Anda menambahkan password untuk akun Anda, pada saat menghidupkan komputer Anda harus memasukkan password terlebih dahulu untuk dapat masuk ke dekstop.

20. Selesai.

Itulah tadi tutorial menginstal Windows 7 di komputer maupun laptop. Selanjutnya adalah tutorial cara menginstal Windows 8 / 8.1.

Cara Install Windows 8 / 8.1

Cara untuk menginstall windows 8 / 8.1 ini tidak jauh berbeda dengan cara menginstall windows 7. Langsung saja, berikut langkah-langkah menginstall windows 8 / 8.1 :

1. Untuk memulai instalasi Windows 8 / 8.1, tekan tombol sembarang.
2. Pilih Indonesian (Indonesia) pada menu Time and currency format. Untuk lainnya biarkan saja default, lihat gambar. Klik Next.
3. Tampilan mulai instalasi seperti gambar dibawah ini. Pilih tombol Install now untuk memulai instalasi windows.
4. Masukkan product key windows 8, biasanya product key terdapat satu paket dengan DVD. Lanjut tekan Next.
5. Ceklist I accept the licence terms, pilih tombol Next.
6. Pada berikut, pilih Custom: Install Windows only (advanced).
7. Bagi Anda yang akan melakukan install ulang, dimana komputer Anda pernah diinstall sistem operasi windows sebelumnya dan supaya data pada partisi lain tidak hilang Anda cukup delete Drive 0 Partition 2 (partisi C:) dan Drive 0 Partition 1 : System Reserved, lalu buat partisi baru lagi. Pilihlah Drive 0 Partition 2 sebagai lokasi instalasi windows, lalu klik Next.

Bagi yang ingin melakukan install ulang pada windows 8, lewati langkah nomor 8-12 dan bagi yang komputer atau laptop belum pernah diinstall sistem operasi sama sekali, silakan Anda lewati langkah nomor 7.
8. Pada gambar dibawah ini, ruang harddisk masih kosong. Anda perlu mempartisi harddisk menjadi beberapa partisi, biasanya partisi harddisk dibagi mejadi tiga.
9. Untuk membuat partisi baru, pilih Drive options (advanced) => New, tentukan ukuran partisi sesuai dengan kebutuhan, lalu pilih tombol Apply. Jika harddisk Anda berukuran 320/500 GB, gunakan ukuran 100GB untuk partisi system.
10. Selanjutnya klik OK untuk pembuatan system reserved partition.
11. Buatlah partisi lagi sesuai selera. Untuk langkah-langkahnya sama persis pada langkah nomor 9.
12. Pilih Drive 0 Partition 2 (partisi C:) sebagai lokasi instalasi dari windows 8, kemudian pilih tombol Next.
13. Selanjutnya tahapan instalasi membutuhkan waktu kurang lebih 20 menit dan komputer akan restart beberapa kali selama proses ini berlangsung.
14. Setelah selesai proses sebalumnya, beri Nama pada PC kemudian pilih tombol Next. Dalam tahap ini juga mengatur warna tema sesuai selera.
15. Lanjut pilih tombol Use express setting.
16. Masukkan Nama Pengguna sekaligus Password bila dibutuhkan. Tanpa password juga tidak masalah. Untuk kolom Password hint, isikan kata atau kalimat yang memudahkan mengingat password asli. Selanjutnya klik Finish.

17. Tunggu beberapa saat hingga tampil dekstop windows 8 / 8.1. Dan proses instalasi windows 8/ 8.1 selesai.

Proses instalasi windows 8 / 8.1 pun selesai. Lanjut proses instalasi windows 10.

Cara Install Windows 10

Setelah setting BIOS agar booting pertama kali melalui DVD, berikut langkah-langkah menginstall Windows 10:

1. Silakan tekan sembarang tombol untuk memulai instalasi windows. 2. Pilih Indonesian (Indonesia) pada pengaturan Time and currency format, untuk yang lainnya seperti Language to install dan Keyboard or input method biarkan saja default.3. Lalu klik tombol Install now untuk memulai instalasi windows 10.4. Kemudian ceklist I accept the license terms, kemudian klik tombol Next untuk melanjutkan proses.5. Selanjutnya pilih Custom: Install Windows only (advanced).6. Jika kalian ingin melakukan install ulang maupun upgrade / downgrade dari sistem operasi windows lama kalian ke windows 10, cukup dengan cara delete Drive 0 Partition 2 (partisi C:) serta Drive 0 Partition 1 : System Reserved, akan secara otomatis kedua partisi yang kalian hapus tersebut menjadi Unallocated Space.

Selanjutnya buat partisi baru lagi dan jadikan Drive 0 Partition 2 sebagai lokasi instalasi, lalu klik tombol Next untuk melanjutkan ke proses berikutnya. Dengan begitu data dipartisi lain tidak terhapus.

Bagi yang ingin install ulang, upgrade, atau downgrade dari sistem operasi windows lama kalian ke windows 10, maka silakan lewati langkah nomor 7-11. Dan jika HDD masih kosong atau yang belum pernah diinstall dengan sistem operasi windows sebelumnya, lewati pada langkah nomor 6.7. Seperti yang kalian lihat pada gambar berikut bahwa ruang HDD masih kosong yaitu Unallocated Space. Untuk itu kalian harus mempartisi terlebih dahulu. Untuk jumlah partisi sesuaikan dengan kebutuhan Anda.8. Silakan pilih Drive 0 Unallocated Space => New, lalu tentukan ukuran partisi tersebut, kemudian pilih tombol Apply. Ukurannya jangan terlalu banyak dan juga jangan terlalu sedikit juga. Misalkan pada ukuran HDD kalian 320GB/500GB, ukuran 100GB gunakan untuk partisi pada system.9. Pilih tombol OK untuk pembuatan system reserved partition.10. Buat beberapa partisi lagi dengan cara yang sama seperti halnya pada langkah nomor 6, buat partisi sesuai dengan kebutuhan Anda.11.Pada tutorial kali ini membuat 2 partisi. Selanjutnya pilihlah Drive 0 Partition 2 untuk lokasi instalasi, lalu pilih Next.12. Proses instalasi sedang berlangsung. Proses memakan waktu kurang lebih 20 menit. Komputer kalian akan restart sendiri berulang kali, hal tersebut sebagian dari proses instalasi pada windows 10 ini.13. Masukkan product key windows 10, lalu klik Next. Jika belum memiliki product key, pilih Do this later. Kalian dapat mengaktivasi windows 10 setelah proses instalasi selesai.14. Kemudian pilih Use Express settings.15. Masukkan nama komputer dan password supaya tidak sembarang orang bisa mengakses komputer Anda. Isikan kata atau kalimat yang bisa membantu Anda dalam mengingat password dikolom Password hint.16. Proses ini tidak memakan waktu lama, tunggu sebentar sampai kalian dibawa ke dekstop windows 10.17. Selesaii… instalasi Windows 10 berhasil. Berikut tampilan desktop pada windows 10.

Itulah tadi Tutorial Cara Install Windows 7, 8/8.1, dan 10. Semoga artikel tentangkomputer kali ini bisa membantu Anda dalam proses instalasi windows.

Baca Juga:
12 Cara Mempercepat Koneksi Internet PC Dan Android 10x Lebih Cepat
Tutorial Cara Instal Linux Ubuntu 16.04 [ Lengkap + Gambar ]
[Jaringan Komputer] Penjelasan Lengkap DHCP Server Dan Cara Kerjanya
Tutorial Cara Menggunakan Rufus Untuk Bootable Di Flashdisk [LENGKAP]
Tutorial Cara Kompres Video Tanpa Mengurangi Kualitas Video