Cara Ampuh Mematikan Fitur Windows Update Pada Windows 10

Posted on

Cara Mematikan Fitur Windows Update Pada Windows 10


TentangKomputer.com
– Sistem operasi Windows 10 memiliki fitur otomatis update, yaitu mendownload kemudian menginstall tanpa izin dari pengguna. Fitur windows update ini sebenarnya bagus untuk para pengguna, karena pengguna windows 10 tidak perlu repot-repot mengupdate sistem operasi mereka.

Namun sebagian pengguna dari windows 10 ini menganggap itu adalah hal yang sangat buruk, terutama bagi mereka yang memiliki koneksi internet terbatas. Oleh karena itu ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mematikan fitur otomatis update windows 10 ini.

Manfaat jika Anda mematikan windows update adalah Anda bisa menghemat kuota jika internet Anda terbatas dan Anda tidak perlu menunggu lama pada saat mematikan komputer, dikarenakan proses mengupdate windows 10 memakan banyak waktu. Langsung saja coba untuk mematikan windows update pada windows 10 Anda, ikuti langkah-langkah berikut ini:

Langkah-Langkah Mematikan Fitur Windows Update 

Mematikan Windows Update Service adalah cara jitu untuk mematikan update pada Windows 10, yaitu dengan mendisable services yang berfungsi untuk mengecek, mendownload, dan menginstall update pada Windows 10. Langkah mendisable cukup mudah, yaitu dengan cara berikut ini:

  • Pertama-tama buka menu Services dengan mengetik Services di search box kemudian tekan Enter. Atau Anda juga bisa menggunakan Run lalu ketik services.msc dan tekan Enter.
  • Cari Windows Update pada services list yang ada.
  • Setelah ketemu, Klik 2x lalu akan tampil jendela Windows Update Properties.
  • Pada jendela Windows Update Properties set Startup Type menjadi “Disabled”.
  • Lalu klik Stop untuk menghentikan services tersebut.
  • Setelah services berhenti, kemudian Apply lalu klik OK.
  • Selesai…

Mudah bukan cara menonaktifkan fitur windows update pada windows 10 ??.. Windows Update Anda tidak akan berjalan lagi, yang artinya Anda tidak akan mendapatkan list update terbaru dari Microsoft. Apabila Anda ingin melakukan update kembali atau mengembalikan pengaturan seperti pengaturan awal, cukup ikuti cara di atas tetapi pada jendela Windows Update Properties set Startup type: menjadi “Automatic”.

Mematikan fitur otomatis update windows bukanlah ide bagus, karena Anda tidak akan menerima pembaruan juga peningkatan keamanan dari sistemoperasi tersebut. Karena Microsoft secara rutin merilis update dan fitur baru, untuk mendapatkan versi terbaru Anda wajib menginstall update sebelumnya.

Baca Juga:
Tutorial Lengkap Cara Install Windows 8 / 8.1 Beserta Gambar
Tutorial Cara Install Windows 10 Lengkap Disertai Gambar
12 Cara Mempercepat Koneksi Internet PC Dan Android 10x Lebih Cepat
Tutorial Cara Instal Linux Ubuntu 16.04 [ Lengkap + Gambar ]
[Jaringan Komputer] Penjelasan Lengkap DHCP Server Dan Cara Kerjanya