Cara Mudah Menggunakan System Restore Windows 7

Posted on

Cara Menggunakan System Restore Windows 7

 

TentangKomputer.com – Ketika komputer Anda bermasalah setelah melakukan instalasi software, driver, atau setelah mengubah settingan tertentu yang membuat anda bingung untuk mengembalikannya, cara paling mudah untuk mengembalikan dan menghilangkan masalah tersebut adalah dengan melakukan restore Windows.

System Restore adalah sebuah fitur yang ada di Windows untuk mengembalikan pengaturan sistem ke waktu sebelumnya. System restore semacam mengulang kembali atau melakukan “Undo” terhadap sistem komputer tanpa mempengaruhi file-file personal seperti dokumen, foto, dan lain-lain.

Melakukan restore di Windows 7 tidaklah sulit dan tidak terlalu memakan waktu lama. Berikut langkah-langkah yang bisa anda ikuti ketika ingin merestore Windows 7 Anda.

Langkah-langkah Merestore Windows

  • Pertama buka Start Menu kemudian ketikkan System Restore, lalu pilih Sytem Restore.

  • Tampil System Restore, klik Next.

  • Tampil restore point, pilih restore point untuk mengembalikan waktu sesuai dengan keinginan Anda. Restore Point ini berisi “backup” registry dan pengaturan Windows. Setiap registry dan pengaturan Windows akan dikembalikan ke titik pada saat dibuat Restore Point.

  • Jika sudah memilih restore point kemudian klik Finish.

  • Terakhir klik Yes, pastikan Anda menunggu hingga proses restore selesai.

 

Setelah proses restore selesai, maka komputer Anda akan kembali ke kondisi saat restore point tersebut dibuat. Restore Point dibuat oleh sistem secara otomatis dalam periode tertentu, atau Anda juga bisa membuat restore point secara manual.

Melakukan restore Windows 7, Anda bisa mengembalikan kondisi Windows 7 Anda seperti sebelum saat terjadi error. Dalam memilih restore point pilihlah restore point yang paling terbaru. Jika restore point tersebut ternyata tidak berhasil memperbaiki masalah atau masih eror, maka Anda bisa mencoba restore menggunakan restore point yang lebih lama.

Baca Juga:
Perintah – Perintah Dasar Terminal Linux Lengkap
Linux : Sejarah Ubuntu Lengkap
4 Cara Cepat Mengambil Screenshot Di Laptop & Komputer
Cara Mudah Mengganti Background Foto Dengan Photoshop