[Tutorial] Ciri-ciri Driver Komputer Belum Terinstall Berserta Cara Mengatasainya

Posted on

Tentangkomputer.com Driver merupakan salah satu kebutuhan laptop yang sangat penting dalam memaksimalkan kinerja perangkat hardware. Tanpa adanya driver di laptop atau belum diinstalnya driver pada laptop, maka perangkat hardware tidak akan dapat bekerja dengan maksimal. Misalnya, jika driver VGA tidak terpasang, tentunya layar laptop akan sangat membosankan atau dalam artian memiliki tampilan menu yang sangat besar dan tidak enak untuk dipandang. Untuk lebih jelasnya anda bisa melihatnya waktu setelah selesai melakukan proses instal ulang laptop..

Perlu kita ketahui bersama, bahwa tanpa adanya software driver, maka sistem operasi yang ada di komputer kita tidak akan pernah bisa menggunakan sumber daya perangkat keras yang terdapat pada komputer tersebut.

Karena perangkat lunak pengemudi memiliki peran yang sangat penting untuk kinerja komputer / laptop, produsen umumnya membuat produk mereka dengan CD / DVD yang berisi driver perangkat lunak komputer masing-masing. Sopir ini bisa kita dapatkan saat kita membeli komputer / laptop karena unik, maka pengemudi memiliki perbedaan dalam setiap merek dan versinya

Driver Biasanya terinstal setelah menginstal Windows, tujuan kita untuk menginstal driver adalah mengoptimalkan performa hardware yang ada. Setelah selesai instalasi, biasanya tidak sering perangkat lunak driver, yang tidak terpasang. Mungkin saja terlalu banyak, atau mungkin karena perangkat lunak tidak sesuai dengan perangkat keras yang sudah terpasang.

Cara Cek Driver yang Belum Terinstall

Anda bisa mengikuti beberapa tutorial sederhana yang kami bagikan di bawah ini :

  • Buka start menu, klik kanan pada My Computer lalu pilih Manage.Ciri Driver Komputer Belum Terinstall Berserta Cara Mengatasainya
  • Maka akan terbuka jendela baru Computer Management. Pada menu sebelah kiri, pilih Device management.Ciri Driver Komputer Belum Terinstall Berserta Cara Mengatasainya
  • Di Device management akan terlihat jenis-jenis perangkat keras mana saja yang terpasang pada komputer kita. Dan pada perangkat yang belum terinstall drivernya, akan ditandai dengan tanda seru berwarna kuning.

Begitulah cara mengecek driver yang belum terinstall di windows. Jadi, dengan cara ini anda bisa tau driver mana saja yang belum terinstal.

 

Cara Mengatasi Driver yang Belum Terinstall

Pada penjelasan diatas, kita sudah diberikan cara bagaimana cara cek driver yang belum terinstal di windows. Dan untuk cara mengatasi driver yang belum terinstal pada windows tersebut anda bisa mengikuti cara-cara dibawah ini :

  1. Buka Windows Explorer di Laptop.
  2. Klik kanan My Computer dan pilih Properties.
  3. Cari dan klik Device Manager di sudut kanan atas layar monitor.
  4. Layar Device Manager (Pengelola Perangkat) munculCiri Driver Komputer Belum Terinstall Berserta Cara Mengatasainya
  5. Contoh di atas menunjukkan bahwa driver laptop semuanya telah terinstal. Jika tidak ada driver yang terpasang, maka layar akan muncul seperti gambar sebagai berikut :Ciri Driver Komputer Belum Terinstall Berserta Cara Mengatasainya

Apabila anda ingin memperbarui driver yang belum terinstal, masukkanlah kembali CD driver ke drive dvd laptop. Kemudian, klik kanan pada driver yang ada tanda serunya atau seperti yang ditunjukkan oleh tanda panah di atas.Ciri Driver Komputer Belum Terinstall Berserta Cara Mengatasainya

 

Pada gambar di atas ada dua pilihan :

Search automatically for updated driver software : Bila anda ingin driver diperbarui secara otomatis ke Internet.

Browse my computer for driver software : Apabila anda ingin mengisntal/mengupdate driver secara manual.

Ciri Driver Komputer Belum Terinstall Berserta Cara Mengatasainya

 

Klik pilihan kedua dan kemudian klik Browse, maka kita akan menemukan kaset driver bawaan yang dimasukan pada dvd drive tadi. Setelah ditemukan, silahkan klik pada kaset driver tujuan tadi, lalu klik OK dan jangan lupa klik Next, dan driver akan di update secara otomatis.

 

Demikianlah penjelasan mengenai Ciri Driver Komputer Belum Terinstall Berserta Cara Mengatasainya. Semoga bisa memecahkan permasalahan anda dan juga dapat bermanfaat. Terimakasih telah berkunjung.

Baca Juga :