[Lengkap] Panduan Cara Upgrade / Menambah RAM Laptop dengan Tepat

Posted on

TentangKomputer.com – RAM (Random Access Memory) merupakan salah satu komponen yang pada laptop/PC yang fungsinya penting sekali, salah satunya adalah untuk membantu meningkatkan kinerja pada komputer. Jadi tak sedikit orang yang ingin RAM pada komputer atau laptopnya diupgrade / ditambah ukurannya sehingga kinerja dari komputer atau laptop tersebut meningkat.

Semakin berkembangnya software dan aplikasi maka akan semakin membutuhkan resource besar tak jarang menyebabkan pengguna merasakan laptop menjadi lemot saat memproses suatu data, parahnya lagi terkadang juga sampai menyebabkan laptop menjadi hang. Mengingat sangat pentingnya RAM dalam kinerja sebuah laptop, maka tak jarang banyak sebagian dari kita ingin meng-upgrade RAM tersebut, untuk mendapatkan kinerja yang lebih mumpuni dari laptop yang kita miliki.

Panduan Cara Upgrade / Menambah RAM Laptop dengan Tepat

Ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan, sebelum mengganti atau menambahkan jumlah RAM dengan memory yang sudah ada. diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Tentang maksimal memori yang bisa digunakan atau dibaca. Artinya berapa maksimal PC/laptop anda bisa membaca Memory RAM. Jika maksimal RAM terbaca pada laptop hanya 8 GB, maka jika anda memasang RAM 16 GB yang akan terbaca / terpakai ya hanya 8 GB saja.

 

  • Tipe memori yang mendukung processor. Maksud dari poin kedua adalah kecepatan maksimal dari RAM yang ditentukan adalah DDR1, DDR2, atau DDR3. Nah terus bagaimana kita tahu kecepatan RAM berapa? Itu yang harus kita tahu terlebih dahulu. RAM yang sudah di edarkan dipasaran, kita akan menjumpai berbagai jenis tipe RAM DDR3 yaitu mulai dari PC8500, PC10600, PC12800, PC15000. Berikut daftar lengkap spesifikasi RAM : Panduan Lengkap Cara Upgrade / Menambah RAM Laptop dengan Tepat

 

  • Membeli RAM baru dengan merk yang berbeda-beda tidak apa-apa tapi hrus dengan tipe yang sama. RAM yang baru otomatis juga mempunyai kecepatan yang sama.

 

  • Dukungan channel pada processor. Untuk masalah ini, komputer anda bisa membaca RAM Single Channel, Dual Channel, atau Tripple Channel. Kalau cuma satu, hanya bisa di ganti yang lebih besar.

 

Catatan :
“Sekarang ini Sering kali tibul pertanyaan “apakah bisa RAM pada laptop ditambahkan dengan kapasitas yang berbeda pada kedua slot, misal slot 1 dipasang 1 Gb dan slot 2 dipasang 2 Gb.?” Maka Jawabanya adalah sangat bisa, asalkan RAM yang baru / yang ditambahkan tersebut memiliki tipe, seri dan Bandwidth yang sama dengan RAM yang lama atau RAM yang sudah terpasang pada Laptop sebelumnya”.

 

Apabila syarat-syarat diatas sudah anda pahami dan sudah dapat anda penuhi, maka langkah selanjutnya yang harus anda lakukan adalah memulai mengganti atau menambah RAM yang sudah anda siapkan. Tentunya hal ini sesuai dengan batas maksimum besar memory yang bisa tertanam. Percuma kan, jika yang terpasang pasang yang besar-besar tetapi memory yang terpakai (Memory Usage) hanya sebagian saja, tentunya ghal ini akan sia-sia. Langsung saja, ikuti langkah-langkah berikut ini :

  1. Cabut semua aliran listrik yang masih mengalir pada laptop termasuk lepas juga baterai laptop anda.

 

  1. Selanjutnya Buka penutup RAM pada bagian bawah laptop anda, tepatnya terletak dibagian disamping tempat baterai. (setiap laptop memiliki tempat yang berbeda-beda).Panduan Lengkap Cara Upgrade / Menambah RAM Laptop dengan Tepat

 

  1. Apabila tempat RAM sudah terbuka, maka anda akan merlihat ada 1 keping RAM bawaan laptop yang sudah terpasang pada slot yang sudah ada.Panduan Lengkap Cara Upgrade / Menambah RAM Laptop dengan Tepat

 

  1. Langkah selanjutnya adalah anda tinggal pasang RAM yang sudah disiapkan dan ingin anda tambahkan atau diganti.

Panduan Lengkap Cara Upgrade / Menambah RAM Laptop dengan Tepat

 

  1. Pada gambar dibawah ini sudah terlihat RAM yang semula hanya 1 GB telah berubah bertambah menjadi 3 Gb

 

Demikianlah penjelasan tentang Panduan Cara Upgrade / Menambah RAM Laptop dengan tepat, semoga bisa membantu memecahkan permasalahan anda. Terimakasih telah berkunjung dan semoga bermanfaat.

Baca Juga :