21 Cara Merawat Printer Yang Baik dan Benar Agar Tahan Lama

Posted on

TentangKomputer.com Printer merupakan perangkat keras yang paling dibutuhkan untuk mencetak dokumen, print, atau scan data kedalam bentuk tulisan, grafik maupun data diatas kertas. Kesimpulannya kegunaan printer secara umum adalah untuk mencetak dokumen.

pabila kita menggunakan printer, alangkah baiknya kita mengetahui cara merawat printer yang baik dan agar tahan lama. Walaupun printer sendiri tidak luput dari kerusaka. Tetapi dengan mengetahui cara merawat printer ini setidaknya kita lebih tahu dan jadi lebih mudah dalam merawat printer agar tahan lama. Oleh Karena itu, pada kesempatan kali ini kami bagikan 21 Cara Merawat Printer Yang Baik dan Benar Agar Tahan Lama. Berikut penjelasannya :

 

21 Cara Merawat Printer Yang Baik dan Benar Agar Tahan Lama

 

1. Bersihkan Printer

Membersihkan printer sangat harus dijaga. Karena apabila printer kotor atau banyak debu tentu kita  akan malas menggunakannya. Bersihkan printer dari debu dan kotoran.21 Cara Merawat Printer Yang Baik dan Benar Agar Tahan Lama

 

2. Gunakan Kertas dengan kualitas yang baik

Gunakanlah kertas yang rapi dan bersih dari debu dan kotoran. Kertas yang rapi dalam artian tidak rusak/lusuh akan mempengaruhi hasil cetak printer dan membuat printer mudah mencetak. Apabila kertas lusuh maka printer akan sulit mencetak dikarenakan kertas tidak rata.21 Cara Merawat Printer Yang Baik dan Benar Agar Tahan Lama

 

3. Gunakan Printer Secara Teratur

Ketika kita membeli printer, tentu tujuannya adalah untuk memudahkan mencetak berkas, tanpa perlu susah-susah ketempat rental komputer. tetapi setelah membeli printer terkadang kita hanya memakai printer dikala perlu. Sebenarnya hal ini benar, namun alangkah bijak apabila printer digunakan secara teratur. Yaitu minimal 3 hari sekali printer digunakan untuk mencetak.

Menggunakan printer secara teratur akan membuat aliran tinta dalam cartridge tidak mudah kering dan tetap pada kondisi normal. Apabila menggunakan printer hanya karena ada keperluan mencetak, dikhawatirkan akan membuat tinta beku dan hasil cetak tidak normal.

 

4. Matikan Printer Jika Tidak Digunakan Lagi

Mematikan printer dengan baik juga bisa membuat printer menjadi awet. Karena ketika menekan tombol off, maka printer akan melaksakan perintah mematikan. Sebelum printer benar-benar mati, biasanya printer akan melakukan pemebersihan pada head printer. Pastikan menekan tombol off ketika selesai mencetak dokumen.

 

5. Gunakan Tinta Yang Telah Direkomendasikan

Penggunaan tinta juga sangat berperan penting dalam menjaga printer agar awet dan tahan lama. Tinta yang bagus adalah tinta yang tidak mudah pudar ketika terkena air. Gunakanlah 1 merk tinta saja dalam menggunakan printer, jangan ganti-ganti merk tinta.

Tinta yang berbeda merk juga akan mempengaruhi hasil cetak printer. Merk A apabila dicampur dengan Merk B maka hasil cetaknya akan bercampur. Hal ini akan sangat tidak baik untuk kelangsungan cartridge, biasanya cartridge mencetak tidak normal.

Misal ketika menggunakan tinta merk A hasil cetak warna hitam akan hitam pekat, namun ketika tinta dicampur dengan merk B. Maka hasil percampuran keduanya akan menurunkan kualitas cetak printer. Warna hitam yang dihasilkan tidak sepekat ketika menggunakan 1 merk tinta saja.21 Cara Merawat Printer Yang Baik dan Benar Agar Tahan Lama

 

6. Jangan Sampai telat isi Tinta

Mengecek tinta sangat diperlukan agar tinta dalam cartridge tidak habis. Isilah tinta dalam cartridge secara teratur. Cek apabila setelah mencetak dokumen dalam jumlah banyak. Apabila menggunakan tabung infus, pastikan lihat isi tabung setiap sehabis mencetak dalam jumlah banyak. Terlambat dalam pengisian tinta terkadang membuat cartridge tidak normal dalam mencetak hasil print. Seperti bergaris sampai tinta tidak keluar.

 

7. Tutup Cover Printer

Setelah mencetak dokumen sangat disarankan untuk menutup cover printer. Hal ini dimaksudkan agar ketika printer tidak digunakan, maka printer terhindar dari kotoran yang bisa saja masuk ke dalam tempat peletakan kertas. Kotoran atau sesuatu yang tanpa sengaja masuk dilama printer bisa saja akan mengganjal kertas yang akan dicetak. tentu saja kertas tidak bisa masuk karena terganjal kotoran.

 

8. Cabut Kabel Printer

Ketika printer sudah selesai digunakan maka cabutlah kabel power dan usb printer. Tujuannya adalah agar aliran listrik tidak tersabung walaupun printer dalam keadaan mati. Printer yang mati tetapi kabel masih terhubung bisa saja menjadi penyebab arus pendek atau konsleting walaupun hal ini jarang terjadi. Tidak ada salahnya mencabut kabel printer, apabila akan digunakan maka tinggal colokkan kembali.

 

9. Jangan Bongkar Printer

Jangan sekali-kali membongkar printer apabila belum tahu atau ahli dalam memperbaiki printer. Hal ini untuk menjaga agar printer tidak rusak karena kesalahan ketidaktahuan pengguna. Ketika printer mengalami error segeralah bawa ketempat servis terdekat dikota anda.

 

10. Jangan Menyentuh Chip Cartridge

Ketika mengisi tinta di cartridge berhati-hatilah. Jangan sampai tangan anda menyentuh chip cartridge. Chip cartridge sangat sensitif, apabila tersentuh tangan atau kotor akan menggangu komponen tersebut. Bisa saja cartridge tidak terbaca diprinter, atau mati. Tentu hal ini sangat fatal. Apabila chip cartridge kotor atau ada tinta yang menempel gunakan tisu kering dan bersihkan kotoran tersebu sampai bersih21 Cara Merawat Printer Yang Baik dan Benar Agar Tahan Lama

 

11. Jangan Menggunakan Printer Secara Berlebihan

Menggunakan printer secara terus menerus tentu akan membuat printer bekerja keras. Hal ini sangat tidak disarangkan karena printer adalah perangkat elektronik yang juga butuh istirahat. Jangan mencetak secara terus-menerus tanpa meng istirahatkan printer. Penggunaan secara over time akan membuat cartridge dan printer lebih cepat rusak.

 

12. Lakukan Cleaning Head Sebelum Menggunakan

Melakukan cleaning pada head ketika akan menggunakan printer juga bisa membuat printer awet. Head clean berfungsi untuk me normalkan tinta dalam cartridge agar hasil cetak yang keluar tetap normal.

 

13. Cetak Dokumen Secara Berkala

Dalam mencetak dokumen yang banyak janganlah mencetak secara bersamaan dalam satu waktu. Berilah jeda dalam setiap mencetak. Misalnya anda ingin mencetak 100 lembar, maka yang harus dilakukan adalah memberi jeda. Cetaklah secara berkala 20 lembar sekali cetak dalam satu waktu. Maka hal ini bisa membuat printer awet dan tahan lama.

 

14. Cetak Dokumen Dalam Kualitas Standar

Mencetak dokumen dengan pengaturan kualitas standar akan membuat printer lebih awet dan ini bisa membuat cartridge tidak mudah error. Karena jika mencetak menggunakan pengaturan kualitas tinggi tentu akan membebani head dan cartridge. Cartridge dan head akan lebih berat dalam mencetak dan lebih lama. Apabila ini terus dilakukan dalam waktu yang lama maka akan lebih cepat merusak cartridge dan head printer. Boleh saja mencetak menggunakan pengaturan tinggi. Namun sesekali saja, misalnya mencetak foto atau gambar yang memang harus dengan kualitas tinggi.

 

15. Jangan Sampai Telat Kertas Saat Mencetak

Terkadang karena terlalu fokus kita terhadap pekerjaan yang dicetak, kita tidak memperhatikan bahwa kertas telah habis diprinter. Hal ini tentu tidak baik apabila sering terjadi.
Maka usahakan jangan sampai telat dalam mengisi kertas pada printer. cara sederhana ini juga sangat berperan dalam menjaga printer agar awet dan tahan lama.

 

16. Ketika Printer Error, Periksa Dahulu

Ketika printer error atau telat kertas biasanya printer akan menampilkan pesan error pada layar laptop/komputer anda. Maka periksalah petunjuk error yang disampaikan, jangan asal menangani error yang muncul tanpa tahu artinya.

 

17. Jika Error, Bawa Printer Ke Tempat Service

Ketika printer mengalami error atau kerusakan maka sangat disarankan untuk tidak menangani dengan sendiri jika belum tahu cara mengatasinya. Setiap printer pasti pernah mengalami erorr, error yang berbeda-beda tentu beda pula cara mengatasinya. Maka hal yang harus dilakukan ketika printer muncul error, bawalah ketempat servis printer terdekat. Hal ini lebih baik daripada anda mengatasinya sendiri tetapi belum tahu ilmunya.

 

18. Jauhkan Dari Anak-Anak

Menjauhkan printer dari jangkauan anak-anak sangat penting. Karena apabila anak-anak main didekat printer, mungkin dipikiran mereka printer juga bisa dipakai buat mainan. Bisa saja printer dipukul-pukul atau digunakan untuk mainan layaknya mainan anak kecil.

 

19. Jauhkan Printer Dari Makanan dan Minuman

Untuk hal ini tentu anda sudah tahu akibat yang ditimbulkan. Printer yang diletakkan dekat dengan makanan atau minuman tentu saja rentan terhadap tumpah atau tidak sengaja tertumpah makanan atau minuman. Maka jauhkahlah dari hal tersebut.

 

20. Maintenance printer dikantor

Apabila printer digunakan untuk orang banyak, pastikan ada orang yang bisa me maintanance atau merawat printer dengan benar. Karena penggunakan printer dengan banyak orang bisa saja membuat printer bekerja dengan berat. Printer yang disharing dalam jaringan biasanya lebih sibuk bila dibandingkan dengan printer yang digunakan secara pribadi. Hal yang harus diperhatikan adalah agar tidak sampai printer digunakan dalam waktu bersamaan.

 

21. Gunakan Sesering Mungkin

Printer  yang dibiarkan lama tidak di gunakan akan menyebabkan tinta di head cartridge kering, sehingga akan menyumbat proses pengeprint-an. Jadi sebaiknya gunakanlah printer sesering mungkin, jangan sampai printer tidak digunkan sama sekali.

 

Demikianlah 21 Cara Merawat Printer Yang Baik dan Benar Agar Tahan Lama.  Semoga cara yang kami sampaikan dapat membuat anda jauh lebih mengerti dalam merawat printer, sehingga dapat membuat printer yang anda miliki dapat bertahan lama dan tidak mudah error atau rusak. Terimakasih telah berkunjung.

Baca Juga :