25 Macam Perangkat Keras Komputer Beserta Pengertian Dan Fungsinya

Posted on

Pengertian, Fungsi Dan Macam-Macam Perangkat Keras Komputer


TentangKomputer.com
– Perangkat keras komputer atau yang biasa disebut dengan hardware adalah semua bagian fisik dari komputer, dibedakan dengan data yang berada di dalamnya atau yang beroperasi di dalamnya, dan juga dibedakan dengan perangkat lunak yang memberikan instruksi untuk perangkat keras dalam proses menyelesaikan tugasnya.

Pengertian lain dari perangkat keras juga dapat diartikan sebagai komponen fisik yang membentuk sebuah sistem komputer.

Perangkat keras mempunyai sifat yang berbeda dengan software yaitu nyata, bisa dilihat, dan berbentuk. Jenis perangkat keras komputer tidak hanya tertuju pada bagian di dalam komputer saja, tetapi semua perangkat yang mendukung kinerja suatu komputer.

25 Macam Perangkat Keras Komputer

  1. CPU
    CPU singkatan dari Central Processing Unit yang berfungsi sebagai pengendali proses kinerja komputer, dengan kata lain yaitu sebagai tempat mengatur semua instruksi program pada komputer juga sebagai pengelola semua aktivitas kinerja dalam komputer.
  2. Motherboard
    Motherboard adalah papan sirkuit yang berfungsi sebagai tempat komponen komputer seperti processor, harddisk, RAM dan lain sebagainya. Motherboard berupa papan utama yang berbentuk PCB dan memiliki chip BIOS, jalur-jalur maupun konektor yang berfungsi untuk menghubungkan perangkat.
  3. Processor
    Processor merupakan IC yang mengontrol seluruh proses jalannya sistem komputer. Processor atau CPU (Central Processing Unit) sering disebut otak sebuah komputer, karena processor atau CPU bertugas melakukan perhitungan ataupun memerintah program yang akan dijalankan oleh komputer.
  4. Hard Disk
    Hard disk atau biasa disebut hard disk drive (HDD) adalah perangkat keras komputer yang fungsinya sebagai media penyimpanan. Sebuah hard disk terdapat lebih dari satu piringan yang berfungsi memperbesar kapasitas data yang bisa ditampung oleh hard disk.
  5. SSD
    SSD atau Solid State Drive merupakan suatu inovasi terbaru dari hard disk. SSD adalah media penyimpanan yang menggunakan jenis memory solid state dalam penyimpanan data. SSD memiliki fungsi seperti hard disk, namun terdapat sedikit perbedaan dengan hard disk.
    Data SSD disimpan pada chip-chip memori flash yang terhubung. Chip-chip memiliki kecepatan dan reliabilitas yang lebih tinggi dari USB Thumb Drive (UFD). Harga SSD lebih mahal daripada HDD walaupun kapasitasnya sama.
  6. RAM
    RAM singkatan dari Random Acces Memory merupakan perangkat keras yang memiliki fungsi menyimpan data maupun intruksi yang dilakukan oleh prosessor. Beda dengan hard disk, penyimpanan di RAM bersifat sementara saja. Ketika komputer dimatikan, data atau intruksi yang disimpan oleh RAM akan hilang/dihapus.
  7. PC Cooler / Heatsink
    PC cooler/ heatsink adalah perangkat komputer yang berfungsi mengurangi suhu panas yang dihasilkan oleh komputer yang sedang digunakan. Panas pada komputer dapat merusak hardware lainnya, oleh karena itu peranan PC cooler/ heatsink sangatlah penting di dalam komputer.
  8. Monitor
    Monitor adalah salah satu perangkat keras yang bisa tergolong sebagai alat output yang berfungsi menampilkan hasil pengolahan data berupa grafisnya. Tiap monitor mempunyai ukuran dan resolusi yang berbeda. Jenis monitor yang paling umum saat ini adalah monitor LCD (Liquid Crystal Display) dan monitor CRT (Cathode Ray Tube).
  9. VGA Card
    VGA singkatan dari Video Graphic Adapter adalah perangkat keras yang berfungsi mengolah data grafik yang akan ditampilkan di monitor. VGA juga memiliki processor sendiri yang biasa disebut GPU (Graphic Processing Unit). Perangkat keras yang satu ini sangat dibutuhkan bagi gamer maupun designer.
  10. Optical Drive
    Optical drive merupakan salah satu perangkat keras yang berfungsi untuk membaca (read) maupun menulis (write) data dari kepingan CD/ DVD. Beberapa jenis optical drive yang wajib anda ketahui: CD ROM drive, CD RW drive, DVD ROM drive dan lain sebagainya.
  11. Power Supply
    Power Supply adalah perangkat keras yang berfungsi untuk penyuplai daya ke komponen, seperti ke motherboard, processor, VGA, dsb. Power supply sering disebut jantung komputer, jadi komputer tidak bisa hidup tanpa power supply.
  12. Keyboard
    Keyboard merupakan papan kunci yang tergolong ke dalam alat input. Keyboard terdiri dari deretan huruf dan angka. Keyboard memiliki beberapa jenis, antara lain: keyboard QWERTY, keyboard DVORAK, keyboard Maltron, keyboard KLOCKENBERG, keyboard alphabetik, dan keyboard Numeric.
  13. Mouse
    Sama seperti keyboard, mouse tergolong sebagai alat input juga. Mouse berfungsi untuk menggerakkan kursor atau menunjuk aplikasi yang ingin dibuka. Perangkat keras ini dinamakan mouse karena bentuknya yang menyerupai tikus. Terdapat banyak jenis mouse, yaitu: mouse PS2, mouse serial, mouse USB dan mouse wireless (tanpa kabel).
  14. Printer
    Printer adalah perangkat keras yang tergolong ke dalam alat output. Printer berfungsi mencetak hasil pengolahan data berupa teks maupun gambar di kertas (hard copy). Jenis printer yang banyak ditemui saat ini adalah printer Inkjet, printer Laserjet, dan printer Dotmatrix.
  15. Scanner
    Scanner merupakan perangkat keras yang memiliki cara kerja mirip seperti fotokopi. Bedanya dengan cara kerja fotokopi, scanner fungsinya merubah hard file menjadi digital file yang kemudian dapat diolah di komputer.
  16. Proyektor LCD
    Proyektor LCD merupakan jenis proyektor yang biasanya digunakan untuk menampilkan video atau gambar dari komputer di sebuah layar putih maupun di bidang yang memiliki permukaan datar. Agar dapat menampilkan video/gambar, proyektor LCD mengirimkan cahaya melalui lampu halide logam kemudian diteruskan ke dalam prisma dimana cahaya tersebar pada tiga panel polysilikon, ialah komponen warna merah, hijau dan biru pada sinyal video.
  17. NIC / LAN Card
    NIC atau Network Interface Card merupakan sebuah kartu yang berfungsi menghubungkan komputer ke jaringan internet. Pada saat ini terdapat dua jenis NIC yang diketahui, diantaranya NIC bersifat fisik (NIC Ethernet, Token Ring) dan NIC bersifat logis (Loopback Adapter dan Dial-up Adapter).
  18. Sound Card
    Sound Card adalah perangkat keras yang berfungsi untuk  mengolah data berupa audio atau suara. Sound card hanya pelengkap komputer, tetapi saat ini sound card merupakan perangkat yang wajib dimiliki oleh para pengguna komputer.
  19. Speaker
    Speaker adalah perangkat yang terbuat dari logam, membran, kumparan dan magnet. Speaker memiliki peranan penting dalam mengeluarkan hasil pemrosesan berupa suara. Speaker berfungsi sebagaimana mestinya jika di dukung oleh perangkat yang bernama sound card.
  20. Modem
    Modem kepanjangan dari Modulator Demodulator. Modem berfungsi mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog. Data komputer yang berbentuk sinyal digital akan di konversikan oleh modem menjadi data yang berbentuk sinyal analog. Ketika modem menerima data yang berbentuk sinyal analog, modem akan mengubah kembali menjadi data yang berbentuk digital agar dapat diolah komputer.
  21. Webcam
    Webcam adalah kamera digital yang dihubungkan ke komputer. Webcam pada saat ini menyatu dengan layar laptop. Webcam biasanya berfungsi untuk mengambil gambar atau video melalui jaringan internet.
  22. Joystick
    Joystick merupakan alat bantu untuk memainkan permainan / game. Joystick berfungsi untuk mengatur control pada game yang dimainkan melalui komputer.
  23. Microphone
    Microphone berfungsi untuk menangkap gelombang suara dan mengubahnya menjadi arus listrik.
  24. Kabel VGA
    Kabel VGA berfungsi untuk menampilkan  output atau hasil pengolahan data komputer, selanjutnya bisa dilihat di layar monitor.
  25. Headsets
    Headsets berfungsi sebagai media untuk mendengarkan suara dan juga berbicara dengan perangkat komunikasi atau komputer.

Itulah tadi artikel tentang 25 Macam Perangkat Keras Komputer Beserta Pengertian Dan FungsinyaSemoga artikel tentangkomputer kali ini dapat bermanfaat untuk Anda. Jangan lupa baca artikel lainnya.

Baca Juga:

– Pengertian, Manfaat Dan Cara Masuk Ke Safe Mode [Lengkap]
Cara Reset Printer Canon IP 2770 / IP 2700 [ 100% Berhasil ]
Pengertian Dan Fungsi Keyboard Terlengkap
3 Cara Mematikan Program Atau Aplikasi Secara Paksa (100% Ampuh)
Tutorial Cara Sharing Printer Melalui Wifi Pada Windows 8