26 Pengertian Komputer Menurut Para Ahli [TERLENGKAP]

Posted on

TentangKomputer.com Komputer adalah alat untuk memproses data berdasarkan prosedur atau aturan yang telah diprogramkan. Komputer juga merupakan mesin penghitung elektronik yang terdiri dari beberapa komponen yang saling berkerja sama dalam membentuk sebuah system yang bisa mengoperasikan suatu pekerjaan secara otomaatis sesuai dengan urutan intruksi perintah maupun program yang diberikan kepadanya sehingga bisa menghasilkan suatu informasi berdasarkan data dan program yang tersedia. Komputer merupakan sebuah system yang terdiri dari beberapa aspek. Aspek tersebut adalah Software, Hardware dan Brainware.

 

Komputer juga merupakan salah satu perangkat elektronika yang sudah sangat berkembang pesat, mulai dari segi fungsi dan juga bentuknya. Pengertian komputer menurut Bahasa yaitu berasal dari kata bahsa Yunani “Computare” yang artinya mnggabungkan atau memperhitungkan bersama-sama. Jika kita pisahkan kata-kata nya makan akan menjadi kata “Com” memiliki arti menggabungkan dalam pikiran atau secara mental, dan kata “Putare” mengandung arti memikirkan penggabungan atau perhitungan. Sedangkan dalam Bahasa Inggris berasal dari kata “To compute” yang berarti menghitung.26 Pengertian Komputer Menurut Para Ahli [TERLENGKAP]

 

Sebenarnya penggunaan kata tersebut awal mulanya hanya untuk menyebutkan profesi yang dimilki oleh orang dalam pekerjaannya dalam melakukan perhitungan aritmatika, baik menggunakan alat bantu maupun tidak menggunakan alat bantu. Seiring berjalannya waktu, saat ini komputer terus berevolusi sehingga menjadi rangkaian alat elektronik yang sudah memiliki sifat multi – tasking berteknologi canggih sehingga sudah mampu melakukan berbagi tugas dan juga memiki banyak fungsi.

 

Komputer adalah sistem yang terdiri dari beberapa aspek yakni Hardware, Software, dan Brainware. Berikut ini beberapa pengertian komputer menurut para ahli. Silakan simak penjelasannya di bawah ini :

 

 

26 Pengertian Komputer Menurut Para Ahli Terlengkap

 

 

1. Robert H. Blissmer

Komputer adalah perangkat elektronik yang digunakan untuk melakukan beberapa tugas, misalnya menerima input, processing, kemudian menyimpan perintah, dan juga memberikan output dalam bentuk informasi.

 

2. V.C. Hamacher dkk

Komputer adalah mesin penghitung elektronik yang dapat dengan cepat menerima informasi masukan digital dan kemudian mengolahnya sesuai dengan program yang tersimpan dalam memori dan juga bisa berupa output dalam bentuk informasi.

 

3. Donald H. Sanders

Komputer adalah sistem elektronik yang berguna untuk memanipulasi dan mengatur data dengan cepat dan akurat, untuk secara otomatis menerima dan juga untuk menyimpan data masukan, kemudian memprosesnya, dan dapat menghasilkan output dibawah pengawasan suatu langkah instruksi system operasi (program) yang tersimpan dalam penyimpanannya (stored program).

 

Baca Juga : [lengkap] Urutan Tingkatan dan Jenis-jenis Processor Intel

 

4. William M. Fuori

Komputer merupakan alat pengolah data yang dapat dengan mudah melakukan perhitungan dengan cepat dan juga akurat, termasuk dalam penghitungan aritmatika dan juga logika serta tanpa campur tangan manusia secara langsung.

 

5. Hamacher, Z.G. Vranesic dan Z.G. Zaky

Komputer adalah komputer elektronik yang sangat cepat dalam menerima informasi masukan digital dan untuk diproses sesuai dengan program (stored program) yang tersimpan dalam memori dan juga menghasilkan informasi output.

 

6. American Standard Institute

Komputer adalah alat pengolah data (prosesor data) yang mampu melakukan perhitungan besar dan cepat termasuk perhitungan aritmatika dan operasi logis tanpa intervensi manusia selama operasi selama waktu pemrosesan.

 

7. Larry Long & Nancy Lange

Komputer adalah komputer elektronik yang memiliki kemampuan untuk berinteraksi dan dapat menjalankan instruksi program untuk operasi input, output, perhitungan, dan logika.

 

8. Elias M.Awad

Menurut Elias M.Awad, komputer merupakan alat penghitung yang memiliki fungsi pengolahan data berupa data digital dan data analog.

 

9. Williams, Sawyer

Menurut Williams, Sawyer, komputer adalah mesin serbaguna yang bisa diprogram untuk menerima data (fakta dan grafis) dan bisa mengolah atau memanipulasinya dalam bentuk informasi yang bisa kita gunakan dengan mudah.

 

10. Wimatra dkk (2008)

Komputer adalah sistem perangkat elektronik yang dimaksudkan untuk melakukan pengolahan data sehingga bisa menghasilkan informasi yang bermanfaat.

 

11. Arif Susanto (2009)

Arif Susanto mengemukakan bahwa komputer adalah sekelompok perangkat elektronik yang terdiri dari perintah input, atau alat yang mengolah input dan output perangkat yang memberi informasi dan bekerja secara otomatis.

 

12. Robert H. Blissmer

Menurut Robert H. Blissmer, komputer adalah perangkat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas seperti menerima masukan, mengolah masukan lebih awal sesuai dengan program, menyimpan perintah dan hasil pengolahan, dan memberikan keluaran dalam bentuk informasi.

 

13. Gordon B. Davis

Menurut Gordon B. Davis, komputer adalah suatu tipe alat penghitung uang khusus dengan karakteristik sifat tertentu.

 

Baca Juga : [Lengkap] Pengertian, Fungsi Sound Card dan Jenis-jenis Sound Card

 

14. William Sawyer

Menurut William Sawyer, komputer adalah mesin multi guna yang bisa diprogram dan bisa diprogram ulang dimana mesin bisa menerima data berupa fakta maupun gambar kasar dan kemudian mengolah atau memanipulasi data dalam sebuah informasi yang bisa digunakan oleh usernya.

 

15. Jhon J. Longkutoy

Menurut Jhon J. Longkutoy, komputer adalah alat atau mesin pemecahan masalah  dan alat pengolah data atau mesin yang bisa memberikan informasi yang dibutuhkan dan juga berguna bagi pengguna.

 

16. Hamacher ZG

Menurut VC. Hamacher ZG, Komputer adalah komputer elektronik yang mampu cepat menerima informasi masukan digital sesuai dengan program yang tersimpan (stored program) dan bisa menghasilkan informasi output.

 

17. Garry B. Shelly dan Randolph E. Gunter

Menurut Garry B. Shelly dan Randolph E. Gunter, perangkat elektronik komputer yang beroperasi di bawah kendali perintah yang tersimpan dalam memori bisa menerima data, mengatur data sesuai aturan tetap, dan menghasilkan hasilnya.

 

18. June Parsons

Menurut June Parsons, komputer adalah perangkat multi guna yang dapat menerima masukan, pengolahan data, penyimpanan data, dan keluaran, semuanya mengikuti serangkaian instruksi yang tersimpan.

 

19. McGraw-Hill (2001)

Menurut McGraw-Hill, komputer adalah mesin komputasi elektronik cepat yang bisa menerima informasi masukan digital, kemudian mengolahnya sesuai dengan program yang tersimpan dalam ingatannya dan menghasilkan keluaran dalam bentuk informasi.

 

20. Oxford English Dictionary (OED2)

Menurut Oxford English Dictionary (OED2), perangkat komputer digunakan untuk menghitung atau mengendalikan operasi yang dinyatakan dalam bentuk numerik atau logis.

 

21. Wikipedia

Menurut Wikipedia, komputer adalah sseperangkat alat yang dijadikan satu untuk mengolah data berdasarkan prosedur yang telah dirumuskan sebelumnya.

 

22. Dinus

Menurut Dinus, komputer adalah rangkaian atau kelompok mesin elektronik yang terdiri dari ribuan bahkan jutaan komponen yang bisa bekerja sama membentuk sistem kerja yang tepat dan menyeluruh. Sistem ini kemudian dapat digunakan untuk secara otomatis membuat serangkaian pekerjaan berdasarkan urutan instruksi atau program yang diberikan kepada mereka.

 

23. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Menurut KBBI, komputer adalah perangkat elektronik yang dikendalikan komputer yang bisa menghitung atau mengolah data sesuai keinginan, dan bisa memberikan hasil pengolahan dan melakukan sistem multimedial (film, musik, televisi, faksimili, dll).

 

24. Barnhart Concise Dictionary of Etymology

Menurut Barnhart Concise Dictionary of Etymology, komputer diterjemahkan ke bahasa Inggris pada tahun 1646, sebagai sebuah kata untuk pria yang mengubah perhitungannya, yang kemudian diubah pada tahun 1897 dan juga disebut sebagai “motor atau mekanik saku”. Perang II memberitahu komputer bahwa ini adalah wanita pekerja di Amerika Serikat dan Inggris yang bekerja dalam perang artileri dengan mesin penghitung. Komputer digunakan untuk menyebutkan semua jenis kalkulator saku untuk kalkulator saku, telepon genggam dan lain-lain. Tapi karena era maju benda-benda ini dikategorikan dengan caranya sendiri.

 

25. Fuori

Komputer adalah perangkat pengolah data yang bisa melakukan perhitungan besar dengan cepat, termasuk operasi aritmatika dan logika tanpa campur tangan manusia.

 

26. Hamacher dalam buku Computer Organization

Komputer adalah mesin komputer cepat elektronik dan bisa mendapatkan informasi tentang input digital, maka mereka memproses program yang tersimpan dalam memori dan menghasilkan output dalam bentuk informasi.

 

Jadi itulah penjelasan mengenai 26 Pengertian Komputer Menurut Para Ahli Terlengkap. semoga bermanfaat dan bisa menambah pengetahuan anda.

 

Artikel Lainnya :