Pengertian Internet Service Provider (ISP) Beserta Fungsinya

Posted on

Pengertian dan Fungsi Internet Service Provider (ISP)


TentangKomputer.com
Semakin berkembangnya teknologi komunikasi, kita membutuhkan perangkat elektronik canggih seperti ponsel dan komputer untuk bisa saling bertukar informasi juga berbagi data satu sama lain dengan cepat.

Dalam suatu jaringan internet kita dapat berinteraksi kapan saja, dimana saja dan dengan siapa saja. Proses berbagi/bertukar informasi bisa dilakukan dengan cepat dan mudah.

Untuk terhubung ke dalam suatu jaringan internet kita harus menggunakan koneksi. Kita bisa berlangganan ke Internet Service Provider (ISP) atau biasa disebut dengan penyedia jasa layanan internet.

Pengertian ISP

Internet Service Provider merupakan suatu perusahaan yang menawarkan jasa layanan kepada masyarakat agar bisa terhubung ke dalam suatu jaringan internet.

Agar dapat terhubung ke internet kita bisa menghubungi ISP melalui Modem (Modulator de Modulator) dan komputer, kemudian ISP tersebut yang nantinya akan mengurus perincian yang dibutuhkan untuk bisa terhubung dalam jaringan komputer, dan sudah termasuk biaya koneksi.

ISP nantinya akan membagi kapasitas koneksi di dalam Internet yang mereka miliki untuk penggunanya yang membutuhkan layanan internet.

Keberadaan Internet Service Provider sangat dibutuhkan sekali, dan kehandalan sistem ini juga berpengaruh/berdampak pada kecepatan koneksi yang dimiliki. ISP memiliki jaringan baik itu secara domestik maupun secara internasional sehingga pengguna dari sambungan yang telah disediakan oleh ISP dapat terhubung dengan baik ke jaringan internet global maupun jaringan internet yang lebih luas.

Awalnya ISP ini memiliki identik dengan jaringan telepon, karena dulu ISP menjual koneksi dengan melalui jaringan telepon. Seiring dengan perkembangan zaman, teknologi ISP berkembang tidak hanya dengan menggunakan jaringan telepon akan tetapi juga menggunakan teknologi seperti wireless dan fiber optic.

Fungsi ISP

  • Menyediakan layanan jaringan internet bagi masyarakat agar bisa terhubung ke dalam jaringan internet.
  • Menjadi perantara dalam menyediakan sambungan internet.
  • Menghubungkan komputer client ke gateway internet terdekat.
  • Menyediakan modem sebagai sambungan dial-up.
  • Menghubungkan ke dalam layanan informasi World Wide Web (WWW).
  • Memungkinkan pengguna untuk menggunakan layanan surat elektronik (e-mail).
  • Memungkinkan pengguna untuk melakukan percakapan suara melalui internet.
  • Memungkinkan melakukan proteksi dari penyebaran virus dengan cara menerapkan sistem anti virus kepada pelanggan.

Cara Berlangganan ISP

Sebelum anda berlangganan ISP, ada beberapa hal yang wajib anda perhatikan dalam memilih ISP. Berikut penjelasan lengkapnya:

  1. Kecepatan Transfer

Anda dapat menanyakan langsung berapa kecepatan transfer atau juga bisa dengan melihat dan membuka web resmi dari ISP tersebut untuk melihat kecepatan transfer data maksimal pada penawaran provider. Perlu anda ketahui bahwa kecepatan transfer data untuk setiap ISP berbeda-beda. Provider dikatakan bagus jika memiliki transfer data yang semakin cepat dan stabil.

  1. Jenis Modem

Modem yang digunakan dari pihak ISP koneksinya berbeda-beda. Oleh karena itu pilihlah ISP yang menawarkan modem terbaik dan yang sudah mendukung teknologi berbasis 3G atau teknologi terbaru 4G untuk sambungan internet yang menggunakan wireless.

  1. Fitur Tambahan

Pada saat memilih ISP kita harus teliti, jika banyak fitur yang diberikan/ditawarkan maka menunjukkan bahwa ISP tersebut handal dan tidak main-main dalam menyediakan jaringan internet.

  1. Jenis ISP
  • Dial-up Connection

Dial-up Connection adalah koneksi ke jaringan internet yang bersifat sementara di mana pengguna tidak terkoneksi terus-menerus ke dalam sebuah jaringan internet. Pengguna hanya akan dikenakan biaya berdasar berapa lama waktu mereka terhubung ke dalam jaringan internet.

Untuk melakukan Dial-up Connection (mendial) adalah perangkat keras elektronik yaitu Komputer / Laptop, Modem, Saluran Telepon dan Software disediakan oleh ISP, biasanya software sepaket dengan modem.

Jenis koneksi ini umum dipakai oleh pengguna yang mengakses internet melalui rumah dan biasanya komputer yang digunakan adalah komputer tunggal ataupun komputer pribadi.

  • Dedicated Communication

Dedicated Communication bersifat menetap, berarti terhubung ke dalam jaringan internet selama 24 jam dan juga selama 7 hari. Jenis koneksi ini biasanya digunakan oleh perusahaan yang memiliki jumlah komputer dan karyawan yang cukup banyak.

Untuk memperkecil biaya internet, perusahaan membuat sebuah jaringan yang bernama LAN (Local Area Network) dan menghubungkan LAN tersebut ke dalam internet melalui suatu ISP dan hanya menggunakan 1 buah modem dan saluran telepon sewa yang online selama 24 jam.

Sistem ini termasuk ke dalam jangkauan yang mahal, biasanya ISP akan memberikan beberapa metode untuk memperkecil harga, misalnya dengan memberikan batasan jumlah yang boleh untuk diupload atau didownload oleh pelanggan selama 1 bulan.

Demikianlah artikel tentangkomputer kali ini, semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kalian semua. Jangan lupa baca artikel tentang komputer yang lain đŸ™‚

Baca Juga:
– Pengertian FTP, Fungsi dan Cara Kerjanya [Lengkap]
 3 Cara Menampilkan Keyboard Virtual Pada Windows (On Screen Keyboard)
– 25 Macam Perangkat Keras Komputer Beserta Pengertian Dan Fungsinya
 Pengertian, Manfaat Dan Cara Masuk Ke Safe Mode [Lengkap]
 Cara Reset Printer Canon IP 2770 / IP 2700 [ 100% Berhasil ]