[Lengkap] Pengertian serta Kelebihan dan Kekurangan Printer Dot Matrix

Posted on

Tentangkomputer.com Seperti yang kita semua tahu sebelumnya printer memiliki jenis yang berbeda beda sesuai dengan kegunaan. Apalagi pada zaman serba teknologi sperti sekarang ini sudah banyak berkembang dan sudah memilki inovasi yang baik. Tapi untuk kali ini kami akan memberikan apa itu sebenarnya printer dot matrix.

Printer dot matrix merupakan salah satu jenis printer yang hanya mempunyai satu warna, yaitu warna hitam. Printer Dot Matrix adalah jenis printer yang mencetak pada kertas langsung. Artinya, printer Dot Matrix langsung mencetak objek ke pita tinta yang berhadapan dengan kertas. Cara kerja printer ini sangat mirip dengan mesin tik, yang dapat mencetak di atas beberapa kertas sekaligus, dengan menggunakan kertas karbon yang diselipkan di setiap halaman-halaman kertas.[Lengkap] Pengertian serta Kelebihan dan Kekurangan Printer Dot Matrix

Head dari printer Dot Matrix terdiri dari 7, 9, sampai dengan 24 jarum tergantung jenisnya. jarum-jarum tersebut tersusun secara vertical dan membentuk sebuah kolom. Ketika bekerja, jarum pada head printer ini akan membentuk sebuah character images melalui gesekan antara jarum dengan karbon juga kertas. Jarum yang tersusun kemudian membentuk sebuah pola hurup dan akan menyentuh pada kertas dan mencetak ketika head-printer bergerak dari kiri kekanan. Pola huruf ini kemudian akan diterima oleh pita karbon yang kemudian akan di lanjutkan ke atas kertas, kemudian akan terjadilah pencetakan huruf demi huruf.

Baca Juga : 21 Cara Merawat Printer Yang Baik dan Benar Agar Tahan Lama

Karacter yang terbentuk dari ketukan jarum-jarum paha head printer menimbulkan suatu pola yang unik yang terdiri dari berbagai titik yang menyatu. Printer Dot Matrix terdiri dari dua jenis yaitu jenis color dan juga  non color. Untuk printer color didalamnya menggunakan pita khusus yang mempunyai 4 warna, yaitu biru, merah, hitam, dan kuning. Printer ini  mampu mencetak dokomen dalam beberapa rangkap secara sekaligus dengan menggunakan ukuran kertas yang lebar trgantung pada jenis printer Dot Matrix yang digunakan itu sendiri. Harga dari Printer Dot Matrix ini jauh lebih murah dibandingkan dengan toner untuk printer yang berjenis laser jet dan juga ink jet.

 

Pengertian serta Kelebihan dan Kekurangan Printer Dot Matrix

 

Kelebihan Printer Dot Matrix

  • Tinta serbuk yang digunakan membuat hasil cetakan dari printer Dot Matrix tidak akan luntur terkena air.
  • Harga yang cukup murah.
  • Menggunakan satu warna dalam mencetak membuat printer Dot Matrix sangat hemat.

 

Kekurangan Printer Dot Matrix

  • Resolusi hasil cetakan printer ini masih sangat rendah, hal ini disebabkan Karena hasil pencetakan dari head printer Dot Matrix menggunakan jarum yang mencetak langsung ke atas kertas karbon.
  • Saat sedang mencetak dokumen menimbulkan suara yang cukup keras, suara bising dari printer Dot Matrix dihasilkan dari gesekan antara jarum dengan kertas karbon.
  • Gambar yang dihasilkan oleh Printer Dot Matrix berbentuk seperti titik-titik yang saling terhubung.
  • Printer Dot Matrix sangat rendah DPI dan PPMnya.
  • Warna yang dihasilkan dari Printer Dot Matrix tidak bervariasi.
  • Proses pencetakan yang sangat lambat.

 

Itulah penjelasan mengenai Pengertaian, Kelebihan dan Kekurangan Printer Dot Matrix yang bisa kami sampaikan. Semoga bisa bermanfaat dan menjadi pengetahuan bagi anda. Terimakasih telah berkunjung.

Baca Juga :