Pengertian Web Browser, Fungsi Dan Contohnya [LENGKAP]

Posted on

Pengertian Web Browser, Fungsi, dan Contohnya


TentangKomputer.com
– Setiap pengguna internet pastinya sudah familiar dengan istilah web browser, dikarenakan hampir setiap kali membuka situs dalam internet para pengguna menggunakan aplikasi atau software ini.

Supaya dapat berfungsi tentunya web browser haruslah terhubung dengan internet dan biasanya program web browser telah disediakan disetiap perangkat komputer ataupun gadget lainnya walaupun sering kali kita menggunakan web browser lain yang lebih kita sukai.

Pengertian Web Browser

Web browser secara umum adalah perangkat lunak atau software yang dipakai untuk mencari informasi atau untuk mengakses situs-situs yang ada di internet. Perangkat ini akan lebih memudahkan para pengguna didalam mengakses data ataupun mencari referensi yang dibutuhkan. Terdapat berbagai macam perangkat web browser yang saat ini digunakan seperti Mozilla Firefox, Google Chrome, Safari, Internet Explorer, Opera, dan lain sebagainya.

Setiap web browser yang dipakai tentunya mempunyai kelebihan dan kekurangan, walaupun demikian beberapa browser seperti Mozilla dan Chrome banyak dipakai karena dinilai lebih cepat pada saat mengakses data. Terkadang web browser malah lebih sering diartikan sebagai sebuah mesin pencari seperti Google padahal sebenarnya web browser ini berbeda dengan mesin pencari atau search engine, dimana web browser ini berdiri sendiri sementara search engine biasanya adalah bagian dari suatu web browser.

Cara Kerja Web Browser

Untuk memakai web browser pengguna bisa mengaksesnya dengan sangat mudah. User atau pengguna hanya perlu membuka aplikasi lalu mengetikkan alamat ataupun situs yang dituju, biasanya dengan memakai format WWW (world wide web) atau mengetikkan URL (Uniform Source Locator) di address bar dilaman web browser. Setelah mengetikkan alamat yang akan dituju maka aplikasi web browser akan memfetching atau mengambil data yang biasanya telah ditulis dalam kode html.

Alamat web atau url yang kita masukkan di browser akan mengarahkan browser pada halaman yang dituju. Contohnya saja jika kita memasukkan alamat url http://www.tentangkomputer.com/ maka browser pertama-tama akan mengakses http atau hypertext transfer protocol atau biasa disebut dengan protocol saja. Http yang terdapat pada alamat tersebut akan mentransmisikan file dari web server menuju browser, selanjutnya tentangkomputer.com akan mengarahkan browser ke laman yang dituju dimana data tersebut tersimpan didalam web server.

Fungsi Web Browser

Hampir setiap hari para pengguna internet pastinya tidak dapat terlepas dari penggunaan web browser baik itu untuk membaca berita ataupun menemukan data lainnya. Web browser mempunyai beberapa fungsi diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Membuka laman website

Fungsi dari web browser yang paling menonjol mungkin ada pada kemampuannya dalam mengarahkan pengguna ke alamat website yang dituju. Dengan memakai web browser seseorang dapat langsung menuju alamat dimana ia akan mengakses data sementara bila menggunakan search engine maka ia hanya akan mendapatkan beberapa website yang hanya sesuai dengan kata kunci yang dimasukkan.

2. Memastikan keamanan suatu web

Bisanya didalam web browser juga ada proses authentication atau proses verifikasi website atau laman dan memastikan bahwa laman tersebut tidak berbahaya bagi perangkat bila dikunjungi misalnya untuk menghindarkan perangkat komputer ataupun gadget dari virus yang dapat merusak sistem komputer.

3. Mendukung permintaan data

Fungsi lain dari web browser ialah untuk mendukung permintaan data yang dibutuhkan oleh para pengguna atau yang lebih dikenal dengan istilah requesting supporting data item. Hampir diseluruh alamat web yang ada diinternet bisa diakses dengan memakai web browser dan data yang berupa foto ataupun media lainnya bisa disimpan secara langsung didalam dokumen komputer.

4. Mengumpulkan data dan memaksimalkan tampilan

Selain memberikan akses di laman yang dituju secara langsung, web browser juga memiliki fungsi dalam mengumpulkan seluruh data di suatu website termasuk efek yang terdapat didalamnya sehingga laman web bisa ditampilkan dengan lebih baik dan juga maksimal. Tidak hanya menampilkan teks, web browser juga dapat menampilkan foto, video dan juga audio pada suatu laman.

5. Mendukung penggunaan search engine

Mesin pencari atau search engine secara umum merupakan bagian dari web browser sehingga para pengguna dapat mencari data dengan lebih mudah dan juga lebih cepat tanpa harus mengetikkan alamat di address bar dalam menu web browser.

Web browser memang mempunyai banyak fungsi serta manfaat didalam kehidupan manusia terutama bagi mereka yang mempunyai aktifitas dan mobilitas yang tinggi. Pastikan Anda mempunyai dan menggunakan web browser sesuai kebutuhan dan kelebihan yang dimilikinya.

Baca Juga:
– 13 Cara Ampuh Merawat Laptop Dengan Baik Dan Benar Agar Tetap Awet
– Pengertian BIOS Dan Fungsinya Pada Komputer [LENGKAP]
– Cara Mudah Menonaktifkan Windows Update Pada Windows 7
– Cara Mudah Setting Mikrotik Sebagai Router Gateway Internet
– Cara Mudah Menginstall Windows 7 Untuk Pemula [LENGKAP + GAMBAR]